Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Kecelakaan Mobil Terbakar di Tol Jakarta-Cikampek | Alasan Oli Mesin Berlumpur Jangan Lakukan Flushing | Kloningan Vespa 946 Christian Dior

Kompas.com - 02/05/2024, 06:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pembaca yang ingin tahu dengan kecelakaan mobil hingga terbakar di tol Jakarta-Cikampek. Lalu, tak sedikit pula yang ingin tahu alasan oli mesin berlumpur jangan di-flushing.

Selain itu, banyak yang penasaran juga dengan kloningan Vespa 946 Christian Dior yang dibanderol cuma Rp 13 juta. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini deretan artikel otomotif terpopuler pada Rabu (1/5/2024):

1. Kecelakaan Mobil Terbakar di Tol Jakarta-Cikampek, Imbas Pecah Ban

Penampakan mobil yang terbakar di Tol Jakarta-Cikampek (Japek) arah Cawang, tepatnya di KM 06, Jatibening, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (1/5/2024).Akun X @TMCPoldaMetro Penampakan mobil yang terbakar di Tol Jakarta-Cikampek (Japek) arah Cawang, tepatnya di KM 06, Jatibening, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (1/5/2024).

Pada Rabu (1/5/2024) pagi, terjadi tabrakan antara dua mobil di Tol Cikampek KM 6B arah Jakarta. Dampaknya, satu unit terbakar di tengah jalan dan satu lagi terguling. Berdasarkan keterangan resmi dari Jasamarga, kecelakaan terjadi pukul 06.40 WIB. Melibatkan Toyota Avanza dan pikap.

Kronologinya, Avanza melaju dari arah Cikampek ke Jakarta, sedang melaju di lajur tiga. Tidak lama, Avanza alami pecah ban kiri depan dan banting setir ke kanan, berhenti di lajur empat.

Baca juga: Kecelakaan Mobil Terbakar di Tol Jakarta-Cikampek, Imbas Pecah Ban

2. Layani Dua Rute, Tarif Bus Double Decker DAMRI mulai Rp 510.000

Ilustrasi bus sleeper DAMRIDok. DAMRI Ilustrasi bus sleeper DAMRI

Sejak beroperasi secara komersial pada Februari 2024, layanan bus double decker ‘Imperial Suites’ DAMRI diklaim ramai peminat. Chrystian R. M. Pohan, Corporate Secretary DAMRI, mengatakan, Bus Imperial Suites mendapatkan respon yang positif pada akhir pekan dan pada periode libur panjang.

“Data yang kami himpun menunjukkan tingkat keterisian tinggi khususnya pada kelas sleeper,” ujar Pohan, dalam keterangan resmi, Selasa (30/4/2024).

Baca juga: Layani Dua Rute, Tarif Bus Double Decker DAMRI mulai Rp 510.000

3. Alasan Oli Mesin Berlumpur Jangan Di-flushing

oli mesin bisa berubah jadi lumpur bila sering telat digantiTangkapan layar oli mesin bisa berubah jadi lumpur bila sering telat diganti

Flushing atau pembilasan menggunakan cairan kimia perontok kerak oli diharapkan bisa membuat ruang oli mesin kembali bersih. Namun, bila kerak oli mesin sudah menumpuk bahkan berupa lumpur justru penggunaan cairan flushing tidak direkomendasikan dengan alasan dapat menyebabkan masalah lain.

Lumpur tersebut bisa luruh dalam jumlah besar dan menyebabkan saluran oli terhalang. Akibatnya sistem pelumasan menjadi terganggu justru bisa merusak mesin.

Baca juga: Alasan Oli Mesin Berlumpur Jangan Di-flushing

4. Sinar Jaya Buka Layanan Shuttle Bus Trayek Bogor-Bandung

Sinar Jaya Shuttle Bus Redbus Sinar Jaya Shuttle Bus

Perusahaan otobus (PO) Sinar Jaya kian memperkuat bisnis transportasinya dengan meluncurkan layanan baru. Layanan anyar ini berada di bawah naungan anak perusahaan Sinar Jaya yang bernama Sinar Shuttle.

Kali ini PO yang berbasis di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat tersebut merilis layanan shuttle bus dengan rute baru yaitu Bogor (BNR) - Bandung (Gedebage).

Baca juga: Sinar Jaya Buka Layanan Shuttle Bus Trayek Bogor-Bandung

5. Kloningan Vespa 946 Christian Dior Cuma Rp 13 Juta

Ofero PicassioKOMPAS.com/Gilang Ofero Picassio

Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024 disebut sebagai pameran khusus kendaraan listrik terbesar di Asia Tenggara. PEVS 2024 sendiri berkolaborasi dengan Asiabike Jakarta (ABJ).

Asiabike Jakarta menarik sebab bisa disebut sebagai gerbang invansi motor listrik dan suku cadang asal China. Berbagai merek hadir untuk mencari partner bisnis di Indonesia atau jualan dengan merek sendiri.

Baca juga: Kloningan Vespa 946 Christian Dior Cuma Rp 13 Juta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com