Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Gelembung pada Radiator Bisa Jadi Indikasi Mobil Overheat

Kompas.com - 25/04/2024, 06:12 WIB
Selma Aulia,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Semua mobil modern memiliki radiator yang menjadi sistem pendingin mesin mobil, di mana berguna untuk menjaga suhu agar tetap stabil saat berjalan.

Maka dari itu, pemilik perlu merawat radiator karena. punya fungsi yang vital dalam operasional kendaraan. Ketika menemukan ada gelembung pada radiator, maka pemilik mobil patut waspada.

Iwan, Pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic, Solo, mengatakan, adanya gelembung pada radiator bisa menjadi indikasi mesin kebocoran pada kompresi mesin.

Baca juga: ESDM Buka Konversi Motor Listrik Gratis, Ini Link Daftarnya

Tutup radiator mobil harus diperiksa secara rutin agar tidak menyebabkan kerusakan pada mesinKompas.com/Erwin Setiawan Tutup radiator mobil harus diperiksa secara rutin agar tidak menyebabkan kerusakan pada mesin

“Kalau ada gelembung di radiator, berarti ada kebocoran kompresi mesin,” kata Iwan kepada Kompas.com, belum lama ini.

Iwan menjelaskan, saat ada kebocoran berarti ada celah antara blok mesin dan cylinder head sehingga menjadi penyebab adanya gelembung air radiator muncul.

“Bisa juga karena kebocoran pada cylinder head, bisa cylinder head melengkung, bisa blok mesin keropos. Sehingga kompresi mesin bocor ke ruang pendingin mesin,” kata Iwan.

Baca juga: Motor Listrik Baru Polytron Segera Meluncur, Bukan T-Rex Namanya


Iwan juga mengatakan, kodisi ini yang membuat mobil overheat. Apalagi air radiator akan tersebut berkurang, dan tekanan air radiator di sistem pendingin akan meningkat sehingga air radiator akan membludak menuju tabung cadangan.

“Saat overheat tekanan air meningkat, air balik ke tabung cadangan. Adanya gelembung di radiator hanya salah satu indikator mesin overheat atau gelembung bisa akibat dan penyebab (overheat) juga,” kata Iwan.

Maka dari itu, pemilik mobil perlu waspada saat ada gelembung pada radiator karena bisa menjadi indikasi mesin overheat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com