Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catatan Rata-rata Pemudik Tempuh Jakarta-Semarang dalam Waktu 6 Jam

Kompas.com - 24/04/2024, 14:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Jasa Marga mencatat peningkatan kecepatan rata-rata kendaraan di jalan tol saat periode Mudik Lebaran 2024.

Hal ini berdasarkan data dari Google yang terintegrasi dengan aplikasi Jasamarga Integrated Digitalmaps (JID).

Pada tahun ini rata-rata kecepatan kendaraan di jalan tol wilayah Jakarta sampai Jawa Tengah (Cawang-Semarang) mengalami peningkatan pada puncak arus mudik dan balik.

Baca juga: Lampu Indikator BBM Mobil Menyala, Sisa Berapa Liter Lagi di Tangki?

Ilustrasi kendaraan one way arus mudik dan balik Lebaran 2024KEMENHUB Ilustrasi kendaraan one way arus mudik dan balik Lebaran 2024

“Jasa Marga mencatat kecepatan rata-rata kendaraan rute Cawang sampai dengan Semarang pada puncak arus mudik adalah sebesar 68 kpj,” ujar Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur dalam keterangan resmi, Rabu (24/4/2024).

“Meningkat 11 persen jika dibandingkan tahun lalu. Untuk waktu tempuhnya yaitu 6 jam 53 menit atau lebih cepat 15,5 persen dibandingkan tahun lalu,” kata dia.

Adapun kecepatan rata-rata kendaraan rute Semarang sampai dengan Cawang pada puncak arus balik bahkan lebih tinggi mencapai 79 kpj.

Baca juga: Mobil Listrik Omoda E5 Tabrak Tembok Mal karena Anak Kecil, Ini Kata Chery

“Meningkat 2 persen jika dibandingkan tahun lalu. Waktu tempuhnya yaitu 5 jam 50 menit atau lebih cepat 5 persen dibandingkan tahun lalu," ucap Subakti.

Subakti menambahkan, jumlah pemudik terus meningkat setiap tahunnya. Pihaknya pun melakukan melakukan evaluasi sebagai bentuk kesiapan pelayanan di tahun mendatang.

"Kami mencatat total keseluruhan lalu lintas yang mudik dan balik di tahun ini meningkat sekitar 45-46 persen terhadap lalu lintas normal,” kata Subakti.

Dengan adanya penambahan jumlah pemudik ini, Jasa Marga tetap harus menjaga kinerja lalu lintas tetap sesuai dengan indikator yang disepakati oleh para stakeholder.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com