Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Berhenti karena Skandal, Produksi Raize-Rocky Hybrid Jalan Lagi

Kompas.com - 23/04/2024, 13:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Buntut dari skandal tes tabrak Daihatsu, beberapa model terpaksa ditangguhkan atau dihentikan sementara produksinya. Termasuk Toyota Raize Hybrid dan Daihatsu Rocky Hybrid.

Dikutip dari Daihatsu.com, Selasa (23/4/2024), dikabarkan bahwa produksi dari Raize-Rocky kembali dilanjutkan. Selain itu, pengiriman ke luar negeri atau ekspor juga kembali dilakukan.

Baca juga: Soal Skandal Gran Max di Jepang, ADM Pastikan Indonesia Aman

Disebutkan bahwa Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata (MLIT) di Jepang sudah mengumumkan bahwa instruksi untuk menangguhkan pengiriman Raize-Rocky telah dicabut.

Toyota Raize HybridRESPONSE.jp Toyota Raize Hybrid

Pihak MLIT telah mengkonfirmasi bahwa kendaraan-kendaraan tersebut telah memenuhi standar Undang-Undang Kendaraan Angkutan Jalan berdasarkan hasil pengujian dengan otoritas sertifikasi yang hadir dan alasan-alasan lainnya.

"Kami akan bekerja sama dengan pemasok dan perusahaan penjualan kami, dan segera setelah persiapan siap, kami bermaksud untuk melanjutkan produksi dan pengiriman," tulis pernyataan resmi Daihatsu.

Baca juga: Buntut Skandal Uji Keselamatan, Bos Daihatsu Lepas Jabatan

Daihatsu Rocky HybridKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Daihatsu Rocky Hybrid

Pada keterangan resmi tersebut, Daihatsu kembali menyampaikan permintaan maafnya atas ketidaknyamanan dan kekhawatiran yang ditimbulkan akibat ketidaksesuaian prosedur dalam pengajuan sertifikasi kepada para pemangku kepentingan.

Untuk diketahui, skandal tes tabrak tersebut hanya melibatkan produk untuk pasar domestik Jepang. Sementara yang dipasarkan di Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dan PT Toyota Astra Motor (TAM), sudah menegaskan bahwa produknya bebas dari masalah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com