Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Beri Sinyal Bawa Prius Hybrid ke Indonesia, Pakai Spek Jepang

Kompas.com - 23/08/2023, 07:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota berjanji akan memperbanyak lini kendaraan berbasis baterai dalam waktu dekat, dan Prius Series Parallel Hybrid (HEV) merupakan salah satu model yang disinyalir datang.

Rencana itu diungkapkan Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) saat berbincang dengan Kompas.com, Sabtu (19/8/2023).

Menurutnya, konsumen Indonesia sudah siap untuk mulai mengadopsi kendaraan berbasis baterai, khususnya jenis Hybrid. Anggapan tersebut dibuktikan dari meningkatnya jumlah pembeli selama GIIAS 2023.

“Pastinya kami (TAM) akan ekspansi, nambah model mobil (hybrid). Paling baru sudah kami luncurkan All New Alphard Hybrid, RAV4 Hybrid, Corolla Cross Hybrid, dan Prius Hybrid juga,” ujar Anton.

Baca juga: ASN Diimbau Pakai Kendaraan Listrik, Dananya dari Kantong Pribadi

Toyota RAV4 GR Sport PHEVTAM Toyota RAV4 GR Sport PHEV

Walaupun disebut, nyatanya Prius Hybrid merupakan satu-satunya mobil yang belum dijual secara resmi di Indonesia. Terkait hal ini, Anton mengatakan jika hal itu sedang diproses.

Dia mengaku tengah berdiskusi dengan Toyota Global sebagai principal. Sejauh ini, belum ada konfirmasi pasti tentang kapan mobil hybrid itu akan mulai mengaspal di Indonesia.

“Saat ini sedang kami upayakan, jadi ini lebih ke soal kapannya (Prius diluncurkan), bukan iya atau tidaknya,” kata Anton.

Satu hal yang kemungkinan besar terjadi, Toyota Prius Hybrid yang akan diluncurkan di Indonesia akan mengusung spesifikasi serupa dengan versi Jepang.

Baca juga: Beli Mobil Hybrid Bekas, Dilarang Jumper Aki

Toyota Prius 1.8-liter Hybrid Systemglobal.toyota Toyota Prius 1.8-liter Hybrid System

Untuk diketahui, Toyota Prius HEV versi Jepang memiliki tiga varian dengan dua pilihan mesin, yakni 1.8L dan 2.0L.

Mobil jenis modern crossover ini juga sudah mengusung sistem hibrida generasi kelima milik Toyota, dengan tenaga maksimum sebesar 144.000 watt atau 196 PS, angka ini 1,6 kali lebih tinggi dari model sebelumnya.

Dilansir dari laman resmi Toyota Global, penyematan teknologi baru itu diklaim sangat meningkatkan efisiensi milik Prius, dibanding versi sebelumnya.

Menyoal Efisiensi Prius 2.0 L mengalami peningkatan efisiensi bahan bakar sebesar 28,6 kpl, sedangkan efisiensi untuk Prius 1.8 liter diklaim bisa mencapi 32,6 kpl.

Baca juga: Modifikasi Keyless buat Honda BeAT, Harga mulai Rp 800.000

prius clear giias 2023 004KOMPAS.com/DAAFA prius clear giias 2023 004

Angka tersebut terbilang cukup tinggi, jika dibandingkan dengan kendaraan sejenis dengan mesin bakar, rata-rata konsumsinya berada pada level 15 kpl.

Selain itu, Toyota Prius HEV juga dilengkapi teknologi keselamatan Toyota Safety Sense, termasuk Advanced Safety System, dengan jangkauan yang diperluas dari objek yang dapat dideteksi.

Terkait harga, Toyota Prius HEV ini dibanderol mulai 2.750.000 yen hingga 3.920.000 yen di jepang, setara dengan Rp 325 juta sampai Rp 463 jutaan dengan kurs yen-rupiah saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com