Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Terbaik Hilangkan Bau Apak di Mobil Setelah Mudik

Kompas.com - 18/04/2024, 16:21 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah mobil dipakai berlibur dan bertamasya panjang selama mudik Lebaran, umumnya akan muncul beberapa kendala merepotkan dan cukup mengganggu. Kabin bau apak dan tidak sedap merupakan satu contoh yang sering terjadi.

Bau apak yang muncul juga bisa disebabkan banyak hal, bisa karena makanan basi dan lupa diambil, atau akibat membawa benda berbau tajam ke dalam mobil.

Sebagai informasi, ada beberapa bau apak yang memang sulit dihilangkan, contohnya seperti durian, ikan asin, dan bawang. Langkah penanganannya juga cukup rumit dan harus bertahap.

Juni Siswanto, Technical Leader Auto2000 Ahmad Yani menjelaskan, penanganan pertama yang harus dilakukan pemilik adalah mengganti filter AC dan melakukan spa kabin.

Baca juga: KTM Jawab Rumors Pedro Acosta Pindah ke Tim Pabrikan

Odor free untuk menghilangkan aroma tak sedapFreepik/Senivpetro Odor free untuk menghilangkan aroma tak sedap

“Bau-bau yang enggak enak masih bisa nempel di filter AC. Jadi kalau baunya memang sudah parah, mau tidak mau harus ganti filter,” ucapnya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (16/4/2024).

Setelah filter AC diganti dan semua bagian kabin sudah dibersihkan, bau apak seharusnya sudah mulai hilang. Namun kalau belum hilang, artinya pengguna masih harus melakukan langkah tambahan.

Robby Kurniawan, CEO AutoGlaze Indonesia menjelaskan, pengguna bisa memanfaatkan aromatik khusus bernama odor free atau odor killer, alias penetralisir bau

Baca juga: Skema Kredit TVS Callisto 125, Cicilan mulai Rp 681.000

Parfum mobil jenis essential oil, alias biang minyak atsiriKOMPAS.com/Daafa Parfum mobil jenis essential oil, alias biang minyak atsiri

“Odor killer bikin aroma di kabin jadi netral. Jadi yang hilang bukan cuma bau apak, tapi bau wangi juga. Pokoknya aroma kembali netral,” ucapnya saat berbincang dengan Kompas.com di Tangerang, belum lama ini.

Selain odor killer, Robby mengungkap ada beberapa bahan alami seperti arang karbon atau kopi hitam bubuk juga cukup bermanfaat dalam menyerap bau apak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com