Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Daihatsu Luxio, Simpel dan Elegan

Kompas.com - 06/04/2024, 14:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Daihatsu Luxio menjadi salah satu mobil penumpang model pintu geser yang dijual dengan harga terjangkau. Mobil ini dibanderol dengan harga Rp 200 jutaan saja.

Punya body yang boxy serta kabin yang luas membuat mobil ini kerap menjadi sasaran modifikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan pemilik kendaraan.

Seperti yang dilakukan oleh Abi Fikri Asnawi. Pria asal Jawa Tengah ini memodifikasi Daihatsu Luxio lansiran 2015 dengan tampilan yang sederhana dan elegan. Kepada Kompas.com, ia pun mengungkapkan alasan membeli mobil tersebut.

Baca juga: Saat Rest Area Penuh, Pemudik yang Istirahat Keluar Tol Bisa Masuk Lagi Gratis

“Umumnya anak muda pake city car atau sedan, saya lebih tertarik Luxio ini. Dari segi dimensi yang besar dan modelnya gampang buat di modif biar beda dari yang lain, walaupun notabennya sering dibilang mobil travel,” kata Abi, kepada Kompas.com, Kamis (5/4/2024).

Usai mendapatkan mobil di tangan, Abi langsung melakukan modifikasi tipis-tipis. Mulai dari sektor eksterior, meliputi pelek, racik kaki-kaki untuk mendapatkan fitment yang pas, hingga sektor lampu.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by @ebaiyyyy

Jika melihat tampilan fasia, memang tidak ada ubahan yang signifikan. Abi hanya menyematkan empat buah lampu biled, sementara grill dan bagian lainnya masih standar.

Bagian kaki-kaki menggunakan pelek RPF yang dibalut dengan ban profil 205/55 R16. Kaki-kaki tersebut sudah ditunjang dengan shock dari KYB.

Knalpot Luxio milik Abi juga sudah dimodifikasi, menggunakan Resonator Alpino dan Header BMC.

“Kemudian dilanjut interior cuma upgrade audio saja, sama pasang full peredam karena mobil Luxio atau Grand Max identik dengan tidak kedapnya ruang kabin,” ucap Abi.

Sementara di bagian mesin hanya disematkan komponen pendukung saja, seperti ganti filter udara atau busi racing.

“Karena kalau mau oprek mesin kayaknya bukan ranahnya mobil Luxio kencang, dan pasti memakan biaya yang tidak sedikit,” kata Abi.

Modifikasi Daihatsu LuxioAbi Fikri Asnawi Modifikasi Daihatsu Luxio

Untuk mendapatkan tampilan Luxio clean look seperti ini, Abi membutuhkan dana sekitar Rp 19 juta.

“Sebenarnya kalo butuh waktu lama atau engganya itu mengikuti budget ya, fleksibel, kalau mau ngejar cepat bisa. Kedepannya kalau ada dana pengen airsuspension biar simple,” ujar Abi.

Baca juga: Hasil Tantangan Yaris Cross Hybrid Jakarta-Surabaya 1 Kali Isi Bensin

Secara keseluruhan, modifikasi Luxio milik Abi cukup menarik perhatian, ubahan yang dilakukan tidak banyak namun cukup membuat mobil ini tampil lebih elegan. Tentunya bisa dijadikan referensi untuk Anda yang ingin modifikasi Luxio.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com