Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menjaga Sirkulasi Udara Kabin Mobil Saat Mudik Lebaran

Kompas.com - 06/04/2024, 09:42 WIB
Selma Aulia,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Menjaga sirkulasi udara dalam kabin mobil saat mudik Lebaran 2024 menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan.

Apalagi perjalanan mudik umumnya melibatkan perjalanan jarak jauh, sehingga kualitas udara dalam kabin dapat mempengaruhi kenyamanan dan kesehatan penumpang.

Maka dari itu, pemudik bisa menerapkan beberapa tips berikut untuk menjaga sirkulasi udara mobil agar tidak pengap selama perjalanan mudik.

Baca juga: Cara Isi Saldo e-Toll yang Mudah Pakai HP

Selama perjalanan mudik Lebaran sempatkanlah melakukan peregangan ringan agar tetap ceria dan fit. Shutter Stock Selama perjalanan mudik Lebaran sempatkanlah melakukan peregangan ringan agar tetap ceria dan fit.

Iwan, pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic, mengatakan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga sirkulasi udara di dalam kabin mobil.

“Pertama pastikan dulu kondisi filter kabin bersih atau baru dan karpet bersih kering,” kata Iwan kepada Kompas.com, Jumat (5/4/2024).

Iwan juga menyarankan untuk tidak menggunakan parfum atau pewangi kabin yang berlebihan. Sebaiknya pilih aroma alami seperti kopi atau serai.

Baca juga: Ini Nominal Denda Pelanggaran Ganjil Genap Saat Mudik Lebaran


Selain itu, menurutnya perjalanan jauh dengan kabin tertutup rapat dan kondisi penumpang penuh pasti akan mengalami kekurangan oksigen, akibatnya terasa pengap.

“Maka, gunakan mode AC dengan udara luar dan buka jendela sedikit supaya ada pergantian udara di kabin,” kata Iwan.

Iwan juga menyarankan untuk beristirahat saat udara di dalam kabin sudah terasa pengap, dan gunakan AC dalam suhu normal saja antara 23-25 derajat.

“Penumpang bisa keluar semua. Biarkan kaca jendela terbuka untuk beberapa saat supaya ada pergantian udara di kabin,” kata Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com