Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinggalkan Vespa Matik di Rumah Saat Mudik biar Aki Enggak Tekor

Kompas.com - 06/04/2024, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki musim mudik Lebaran 2024, masyarakat memang tidak disarankan untuk menggunakan motor. Makanya, ketika sedang pergi ke luar kota, motor yang ditinggal harus disiapkan kondisinya.

Bagi pemilik Vespa matik, ada beberapa tips yang bisa dilakukan sebelum meninggalkan motor dalam waktu yang lama. Mengingat mudik bisa memakan beberapa hari, Vespa butuh perawatan tersendiri biar enggak tekor saat mau dipakai lagi nanti.

Radyan Mahandya Putra dari Scooter VIP, memberi tips bagaimana menjaga kondisi Vespa matik tetap prima saat ditinggal mudik. Pertama, harus dikunci setang untuk menjaga keamanan motor dari incaran maling.

Baca juga: Tren Modifikasi Vespa Matik 2024, Gaya Vintage Performa Tinggi

Merawat Vespa MatikSCOOTER VIP Merawat Vespa Matik

"Pencurian di masa mudik Lebaran jadi momok yang perlu diwaspadai. Agar tidak jadi incaran maling, jangan lupa kunci setang dan pasang alarm, serta pengaman tambahan di rem cakram," kata Radyan dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Jumat (5/4/2024).

Memang dengan mengunci setang serta pakai pengaman tambahan tidak menjamin keamanan 100 persen, setidaknya bisa merepotkan aksi maling.

"Kedua, lepas aki motor. Vespa matik apalagi yang di bawah tahun 2019 kalau ditinggal lebih dari semnggu bisa mengalami masalah kelistrikan. Aki yang terus dipasang tanpa dipanaskan bisa mengurangi performanya, jadi sulit dinyalakan," ucap Radyan.\

Baca juga: Ingat, Ganjil Genap di Jalur Puncak Bogor Berlaku Mulai Hari Ini

Ketiga, servis motor dahulu sebelum  ditinggal mudik. Lakukan penggantian oli mesin dan gardan biar nanti saat mau dinyalakan kembali setelah mudik, bisa lebih mudah dilakukan.

"Biar aman, gunakan standar tengah. Hal ini dilakukan biar motor seimbang saat terkena gempa atau sebagainya," ucap Radyan.

Isi juga tangki BBM sampai penuh biar tidak ada ruang untuk penguapan. Uap yang ada di tangki BBM bisa jadi air yang akhirnya bisa menyumbat atau menyebabkan karat.

"Tekanan uadar di ban juga sebisa mungkin maksimal. Ban yang diam atau tidak dipakai bakal lebih cepat berkurang (kempis). Tambah sekitar 5 psi biar saat nanti dipakai lagi tidak terlalu kempis," ucap Radyan.

Terakhir, bisa titipkan kunci ke tetangga atau pengurus RT yang tidak mudik. Cara ini dilakukan kalau misal terjadi hal buruk ke rumah, seperti kebakaran atau kebanjiran, biar motor bisa segera dievakuasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com