Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Dipakai Mudik, Ini Persiapan yang Harus Dilakukan Pemilik Mobil

Kompas.com - 06/04/2024, 13:02 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum mobil digunakan untuk perjalanan mudik, ada rentetan langkah pemeriksaan yang sebaiknya dilakukan guna memastikan performa dan kualitas. Tujuannya meminimalisir kendala dan aman selama di jalan menuju ke kampung halaman.

Terkait pemeriksaan ini, beberapa bengkel resmi umumnya sudah memiliki SOP khusus sebagai bentuk persiapan dengan istilah general check-up alias GCU.

Normalnya, GCU dilakukan saat servis rutin dan berkala, namun tahapan ini juga bisa diterapkan sebelum perjalanan mudik Lebaran.

Noval Al-Hudah, Mekanik Senior Mitsubishi Prabu Pendawa Motor menjelaskan, GCU berfokus sepenuhnya pada pemeriksaan komponen bagian dalam mobil, dan mencari potensi kerusakan atau penyakit.

Baca juga: Hindari Minus Saldo E-toll, Simak Sebaran Rest Area Tol Trans-Jawa

Ilustrasi mekanik mengecek mobil di bengkel Mitsubishi. Dok. MMKSI Ilustrasi mekanik mengecek mobil di bengkel Mitsubishi.

“Ada tuntunan step by step, kita mulai dari cairan seperti oli mesin, transmisi, radiator, dan sejenisnya, terus lanjut ke kelistrikan, pengapian, sampai karet-karet,” ucapnya saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (6/4/2024).

Dia mengatakan, mekanik dari bengkel resmi juga akan banyak berdialog dengan konsumen pemilik mobil, misalnya seputar ke mana wilayah tujuan mudik, dan apakah ada kendala berkendara dalam kurun beberapa waktu belakangan.

Menurut Noval, dua servis yang cukup banyak dilakukan konsumen sebelum berangkat mudik adalah spooring kaki-kaki, serta sektor pengereman.

Baca juga: Hasil Tantangan Yaris Cross Hybrid Jakarta-Surabaya 1 Kali Isi Bensin

Ilustrasi servis mobil di bengkel Mitsubishi di Depok, yang diresmikan pada Kamis (7/3/2024).KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi servis mobil di bengkel Mitsubishi di Depok, yang diresmikan pada Kamis (7/3/2024).

“Kalau soal rem biasanya customer enggak protes (ketika servis sebelum mudik). Kalau dibilang sudah tipis langsung diganti,” ucap dia.

Terkait biaya GCU sendiri, Noval mengungkap jika nominal jasanya adalah Rp 200.000 untuk pemeriksaan total. Tapi selama masa mudik, banyak bengkel umumnya menggratiskan layanan ini.

“Biasanya servisnya gratis, nanti baru bayar kalau harus ganti komponen,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com