Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencoba Tol Cimanggis-Cibitung, Depok ke Tol Cikampek Hanya 15 Menit

Kompas.com - 05/04/2024, 13:30 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruas Tol Cimanggis-Cibitung sepanjang 19 Km resmi beroperasi fungsional saat mudik Lebaran, tepatnya mulai 4-16 April 2024 mulai pukul 06.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB.

Jalan tol ini bakal terkoneksi dengan ruas tol di kawasan Metropolitan Jabodetabek yang menjadi pusat kegiatan nasional.

Dengan begitu masyarakat yang dari arah Pamulang, Depok, Tangerang, bisa masuk ke JORR-2 dan langsung ke Cikampek, sehingga tak harus melewati tol dalam kota.

Kompas.com mencoba langsung Tol Cimanggis-Cibitung dengan masuk dari Tol Jagorawi arah Bogor, Jumat (5/4/2021).

Dengan kondisi lalu lintas yang cukup padat, butuh waktu sekitar 20 menit untuk sampai ke Gerbang Tol Cimanggis 5, yang akan tersambung ke Tol Cikampek, tarif yang dibayar adalah Rp 7.500.

Baca juga: Berpetualang dengan Daihatsu Xenia di Kaki Gunung Semeru

Selanjutnya Kompas.com melaju ke arah Nagrak, Cileungsi, hingga bertemu dengan Gerbang Tol Jatikarya Utama, dengan tarif Rp 13.500.

Pada Km 56 akan bertemu cabang jalan, di mana lajur kiri akan diarahkan keluar tol Nagrak, Transyogi, Cibubur.

Sementara untuk melewati tol fungsional Cimanggis-Cibitung pengemudi diimbau untuk mengambil lajur kanan.

Ruas Tol Cimanggis-CibitungKompas.com/Nanda Ruas Tol Cimanggis-Cibitung

Memasuki jalur fungsional segmen Nagrak-Cibitung, terdapat jalan yang memang belum siap untuk beroperasi. Secara keseluruhan jalan sudah bisa dilewati kendaraan, hanya saja di beberapa bagian masih ada jalan beton yang bergelombang, sehingga pengemudi harus berhati-hati.

Selain itu, untuk beberapa bagian jalan juga belum dilengkapi marka pemisah lajur.

Untuk menuju ke arah Cikampek, pengemudi cukup mengikuti arah Cibitung, baru ketika memasuki Setu Bekasi terdapat plang petunjuk arah Cikampek.

Kompas.com hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk sampai di ruas Tol Cikampek, melalui Tol Cimanggis-Cibitung, dengan catatan kondisi jalan sepi dan kecepatan kendaraan 80 Km per jam (kpj) sampai 100 Kpj.

Tol fungsional Cimanggis-Cibitung, menembus sampai Km 24, tepatnya sampai di Gerbang Tol Cibitung 6.

Ruas Tol Cimanggis-CibitungKompas.com/Nanda Ruas Tol Cimanggis-Cibitung

Selanjutnya, pengemudi bisa menempuh perjalanan menuju arah timur melalui tol Cikampek. Namun, saat melewati ruas tol ini, pengemudi tidak bisa melintasi Mohammed Bin Zayed (MBZ).

Secara keseluruhan, Tol Cimanggis-Cibitung sudah bisa dilewati oleh kendaraan dengan nyaman, walaupun ada beberapa bagian jalan yang masih bergelombang. Serta bisa menghindari kemacetan di Tol JORR.

Baca juga: Hari Pertama Mudik Lebaran, Polisi Minta Pengemudi Cukup Tidur

Sebagai informasi, jaringan Jalan Tol JORR 2 ini menjadi salah satu solusi mengurangi kepadatan lalu lintas dari ruas Tol Cikampek yang menuju Jakarta atau mengarah ke Bogor tanpa harus melalui Jakarta.

Jaringan tol ini turut melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Jabodetabek, yang telah memiliki jaringan tol lingkar dalam kota dan Jakarta Outer Ring Road (JORR) I yang sudah beroperasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com