Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daripada Pakai Telur, Lakukan Ini Ketika Radiator Mobil Bocor

Kompas.com - 05/04/2024, 11:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Salah satu masalah pada sistem pendingin mobil adalah terjadinya kebocoran. Bila volume air radiator berkurang maka kemampuannya dalam mendinginkan mesin akan turun.

Maka dari itu muncul tips menangani radiator bocor untuk sementara sehingga mobil aman digunakan untuk sampai bengkel. Salah satunya dengan menambahkan telur ke dalam mulut radiator.

Telur mentah tersebut diharapkan matang dan lengket menutupi area kebocoran radiator sehingga air akan lebih tertahan untuk semenara waktu. Namun, cara tersebut dinilai kurang efektif dan efek sampingnya cukup besar.

Baca juga: Wajib Cek Air Radiator Sebelum Mobil Dipakai Mudik

Radiator mobil dikasih telur, dianggap bisa mengatasi kebocoran radiator dalam kondisi darurat.Tangkapan layar Radiator mobil dikasih telur, dianggap bisa mengatasi kebocoran radiator dalam kondisi darurat.

Darto, Pemilik Bengkel Radiator Bawak, Klaten mengatakan radiator sebaiknya diperbaiki dengan benar ketika terjadi kebocoran karena di dalam saluran air radiator bertekanan.

“Tapi ketika dalam kondisi darurat, demi bisa sampai ke bengkel pengendara biasanya melakukan langkah-langkah yang kadang diluar nalar, ada yang menambahkan telur ke dalam radiator seperti video yang beredar,” ucap Darto kepada Kompas.com, Jumat (5/4/2024).

Namun, Darto justru memiliki pengalaman tersendiri ketika mengalami radiator bocor. Alih-alih menggunakan telur, Darto menggunakan pisang muda yang masih keras untuk menggantikan peran lem.

Baca juga: Radiator Mobil Tidak Dirawat Jadi Pemicu Mesin Overheat

Ilustrasi pemeriksaan air radiatorKompas.com/Aditya Maulana Ilustrasi pemeriksaan air radiator

“Pisang masih muda ini ditekan dan dioles-oleskan pada area radiator yang bocor, diamkan beberapa saat sampai mengering, setelah itu lumatan pisang di radiator akan mengeras seperti lem,” ucap Darto.

Cara tersebut menurut Darto lebih efektif untuk menambal radiator untuk sementara dalam kondisi darurat. Selain itu juga lebih minim risiko karena tidak memasukan benda asing ke dalam saluran air radiator.

“Itu sementara saja, dan tidak ada jaminan berhasil, tapi bila dicoba efek sampingnya lebih ringan daripada memasukkan telur ke radiator, karena ini hanya pengalaman pribadi saya saja saat kondisi darurat,” ucap Darto.

Baca juga: Batas Aman Suhu Air Radiator Mobil Saat Digunakan


Darto mengatakan setiap radiator bocor sebaiknya memang segera mencari bengkel radiator untuk memperbaikinya bisa dengan menambal pakai las, ganti bagian rusak, atau ganti dengan yang baru jika memang ada dananya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com