Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Resmi, Hari Ini Tol Cimanggis-Cibitung Dibuka Fungsional | Ban Mobil Terjebak di Pasir, Begini Cara Benar Mengeluarkannya

Kompas.com - 05/04/2024, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk kelancaran lalu lintas pada masa arus mudik dan balik Lebaran 2024, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Ditlantas Polda Metro Jaya serta PT Cimanggis Cibitung Tollways (CCT) membuka ruas Tol Cimanggis-Cibitung mulai hari ini, Kamis (4/4/2024).

Ruas tol sepanjang 19 Km ini akan dibuka satu arah (one way) secara fungsional mulai dari H-6 atau 4 April 2024 sampai dengan H+6 atau 16 April 2024 mulai pukul 06.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB.

Selain itu, Tim Merapah Trans-Jawa 2024 Pesona Pesisir Selatan Jawa sempat mengalami kendala di tengah perjalanan. Pasalnya, mobil salah satu rombongan sempat terjebak di pasir.

Kejadian tersebut tepatnya terjadi pada Daihatsu Gran Max, yang menjadi salah satu peserta rombongan. Lokasi di daerah Nanggulan, Gadingsari, Kabupaten Bantul. 

Saat hendak putar balik, mobil melintas di atas pasir. Sayangnya, mobil sempat berhenti, kemudian saat akan jalan kembali, ban mengalami selip.

Baca juga: Neta V Jadi Taksi Bandara Halim Perdanakusuma

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Kamis, 4 April 2024 :

1. Resmi, Hari Ini Tol Cimanggis-Cibitung Dibuka Fungsional

“Pelaksanaan fungsional Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B Segmen Simpang Susun Cikeas s.d Cibitung Junction sepanjang 19,65 Km untuk dukungan pelayanan arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445 H,” tulis unggahan akun Instagram resmi @tmcpoldametro, Rabu (3/4/2024).

Baca juga: Resmi, Hari Ini Tol Cimanggis-Cibitung Dibuka Fungsional

2. Ban Mobil Terjebak di Pasir, Begini Cara Benar Mengeluarkannya

Ban mobil Daihatsu Gran Max yang digunakan oleh tim Merapah Trans-Jawa 2024 terjebak dalam pasirDok. Merapah Trans-Jawa 2024 Ban mobil Daihatsu Gran Max yang digunakan oleh tim Merapah Trans-Jawa 2024 terjebak dalam pasir

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, mengatakan, melintas di atas pasir menggunakan ban jenis Highway Terrain (HT) berpotensi besar terjadinya selip.

"Usahakan berkendara di alas berpasir untuk tidak berhenti, karena ketika ban berhenti, momentum hilang dan ban akan amblas ke pasir," ujar Sony, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Ban Mobil Terjebak di Pasir, Begini Cara Benar Mengeluarkannya

3. Buat Pemudik, Begini Cara Engine Brake Mobil Matik Saat Melewati Turunan

Ilustrasi mobil melewati jalan turunan dan berkelok-kelokFreepik/Wirestock Ilustrasi mobil melewati jalan turunan dan berkelok-kelok

Ketika mudik Lebaran menggunakan mobil pribadi, pengemudi perlu siap dengan segala kondisi jalan di Indonesia yang bervariasi, mulai dari dasar hingga turunan.

Apalagi saat mudik menggunakan mobil dengan transmisi matik dan bertemu dengan jalan turunan, pengemudi harus bisa menguasai penggunaan engine brake yang benar.

Baca juga: Buat Pemudik, Begini Cara Engine Brake Mobil Matik Saat Melewati Turunan

4. SYM Husky 150 Resmi Hadir, Tantang Honda ADV Harga Rp 33 Jutaan

SYM Husky 150, pesaing berat Honda ADV 160GREATIKER SYM Husky 150, pesaing berat Honda ADV 160

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com