Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Mudik, Jangan Lupa Perawatan Mesin Mobil

Kompas.com - 04/04/2024, 14:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Potensi pergerakan masyarakat selama musim libur Lebaran diprediksi akan mencapai 193,6 juta orang. Angka ini naik 71,1 persen dibandingkan musim libur Lebaran pada tahun 2023.

Dari potensi pergerakan tersebut, jumlah pemakai mobil pribadi diprediksi berada di angka 35,42 juta. Pergerakan pemudik sendiri akan terjadi pada H-7 atau Rabu (3/4/2024) hingga H-2 (8/4/2024) dari hari Lebaran.

Berdasarkan perkiraan itu juga potensi kepadatan arus lalu lintas yang membuat kinerja mesin kendaraan jadi lebih berat. Tidak menutup juga potensi mesin mengalami overheat.

Baca juga: Video Motor Honda Beat Ngebul di Tanjakan

Untuk itu, pemilik kendaraan harus menjaga performa kendaraan tetap maksimal sekaligus melindungi komponen mesin. Salah satunya adalah dengan cara memilih pelumas yang sesuai dengan mutu sesuai standar.

Bardahl memberikan pilihan produk terbaik untuk merawat mesin mobil baru maupun lama secara komprehensif lewat Bardahl B1 dan B2 Engine Treatment. Ini adalah aditif pelumas yang secara khusus untuk meningkatkan reduksi gesekan logam pada mesin.

Ilustrasi oli bekerja pada mesin mobilDOK. SHUTTERSTOCK Ilustrasi oli bekerja pada mesin mobil

Menggunakan formula “Polar Plus” dan molekul Fullerene C60 yang bekerja dan memberikan perlindungan bagian-bagian mesin yang vital dalam kondisi yang paling ekstrim karena mampu menempel sempurna di logam mesin.

Tak hanya itu, produk ini juga mampu mencegah terbentuknya sludge atau lumpur yang bisa mengakibatkan overheat hingga kerusakan fatal pada mesin.

Secara spesifik, Bardahl B1 peruntukannya khusus mobil usia pakai 1 hingga 5 tahun, dengan akumulasi jarak tempuh di bawah 80.000 kilometer, dan BARDAHL B2 untuk usia mobil yang lebih tua dengan jarak tempuh sudah di atas 80.000 kilometer.

Aditif ini berfungsi dalam menjaga pelumasan mesin pada kondisi ekstrim seperti beban berlebih atau suhu yang meningkat, menjaga mesin performa mesin pada saat starter agar lebih halus, mengembalikan tenaga yang hilang dan meregenerasi mesin dan seal-seal yang tua.

“Formula “Polar Plus” dapat memperpanjang usia mesin dengan mengurangi deposit karbon dan menambahkan lapisan (oil film) pada bagian-bagian yang terkecil pada mesin, sehingga mampu meningkatkan perlindungan, tenaga, hingga efisiensi bahan bakar,” ucap Pudjijarto Sutjipto selaku Vice President Bardahl Indonesia.

BARDAHL B1 atau B2BARDAHL BARDAHL B1 atau B2

Cara pakainya cukup praktis, masukkan kedalam crankcase oli mesin pada saat penggantian oli baru. Bisa digunakan pada mesin bensin dan diesel dengan kapasitas campuran maksimal 5 (lima) liter oli untuk 1 (satu) botol BARDAHL B1 atau B2.

Aditif tersebut cocok disandingkan dengan oli mesin Bardahl XTC S9, karena mempunyai spesifikasi tertinggi di kelasnya, yaitu API service SP dan ILSAC GF-6A.

Sebagai informasi, oli mesin Bardahl merupakan pelumas yang terbuat dari base oil sintetik sepenuhnya. Dilengkapi formula khas Bardahl yaitu Fullerene C60 yang merupakan molekul anti-aus metalo-organik yang unik.

Baca juga: Mengenal Istilah Ramp Check Bus yang Populer Setiap Musim Mudik

“Formula ini menggabungkan sifat polar dari senyawa sintetik dan Fullerene C60 mampu melarutkan kerak karbon guna menjaga mesin lebih bersih,” ucapPudjijarto.

Selain itu, ada juga Bardahl Ultra Concentrated Compete Fuel System Cleaner yang diproyeksikan untuk menghilangkan deposit karbon yang terbentuk di seluruh sistem bahan bakar (injection line, intake valve, cylinder head, dan piston).

“Sebelum melakukan perjalanan jauh dengan kondisi jalanan yang padat, sebaiknya persiapkan kebugaran fisik dan juga kondisi kendaraan agar tetap prima hingga aktivitas mudik dan balik dapat berjalan dengan lancar,” kata Pudjijarto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com