Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Bus Baru Cititrans, Tembus Rp 2 Miliar

Kompas.com - 03/04/2024, 04:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Cititrans baru saja merilis layanan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dengan tujuan Jakarta, Bandung, dan Malang. Bus yang digunakan adalah Jetbus 5 SHD dengan kabin spesial milik Cititrans.

Eric Jethrokusumo, perwakilan Adiputro di Jakarta menjelaskan, interiornya memang permintaan khusus dari Cititrans, cuma diisi 20 penumpang.

"Kita dari dulu zamannya Cititrans (bikin bus) pertama, mereka punya spesifikasi bangku paling beda sendiri. Sekarang dilakukan juga untuk bus AKAP mereka dengan spesifikasi itu, di depan empat bangku (Suites), belakang 16," ucap Eric kepada Kompas.com, Senin (1/4/2024).

Baca juga: Mercedes-Benz Batal Bawa Bus Listrik ke Indonesia Tahun Ini

Bluebird Group resmi meluncurkan Cititrans Busline di Blue Bird Headquarter di Mampang, Jakarta, Senin (1/4/2024).KOMPAS.com/Haryanti Puspa Sari Bluebird Group resmi meluncurkan Cititrans Busline di Blue Bird Headquarter di Mampang, Jakarta, Senin (1/4/2024).

Eric menjelaskan, pembuatannya tidak merepotkan. Bagian bodi sama dengan Jetbus 5 SHD lain, susunan bangku di kabin juga tinggal ditata saja.

Soal harga, Eric menjelaskan buat bodinya saja atau karoseri, harganya Rp 700 jutaan. Harga itu baru bodi dengan interior saja, belum termasuk bangku dan AC.

"Bangku baru (Suites) itu kesepakatannya antara Cititrans dengan Alldila Seats. Kalau yang belakang, itu per kepala sekitar Rp 3 juta, tinggal kalikan saja, belum dengan AC," kata Eric.

Baca juga: Pantauan SPKLU di Tol Trans-Jawa Jelang Arus Mudik Lebaran 2024


Andrew Arristianto, Direktur Utama Cititrans mengatakan, harga bus tersebut adalah Rp 2 miliar. Pada tahap pertama, ada 10 unit bus yang eluar dari karoseri.

"Harga, Kisaran Rp 2 miliar," ucap Andrew.

Jadi kalau dikalikan saja, Rp 2 miliar dengan 10 bus, sudah Rp 20 miliaran. Tapi kabarnya, Cititrans masih punya banyak bus yang belum dirilis, bakal meramaikan trayek Jakarta-Malang, Bandung-Malang, dan ke Yogyakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com