Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Mobil Penggerak Roda Depan Bisa Kuat Nanjak

Kompas.com - 31/03/2024, 04:01 WIB
Selma Aulia,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Menjelang mudik Lebaran beberapa minggu lagi, pemudik yang menggunakan mobil pribadi harus siap dengan berbagai kondisi jalan, salah satunya tanjakan.

Terutama pengguna mobil dengan penggerak roda depan (Front Wheel Drive/FWD), mereka harus berhati-hati dan perlu memastikan pengemudi memiliki kemampuan khusus supaya kendaraan kuat nanjak.

Training Director Jakarta Defensive Driving (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, mobil FWD rawan selip di tanjakan apalagi saat jalan licin, maka dari itu ada trik yang harus dilakukan agar kuat nanjak.

Baca juga: Jelang Mudik Lebaran, Pertamina Pastikan Kesiapan Penyaluran BBM

Tes menanjak Honda All New BR-Vkompas.com Tes menanjak Honda All New BR-V

“Ketika ingin melewati rintangan yang licin atau menanjak, jangan menginjak pedal gas terlalu dalam karena penggerak roda depan itu lebih mudah kehilangan cengkraman. Bila ban mobil sudah spin, kendaraan justru akan merosot di tanjakan, atau diam di tempat,’ kata Jusri kepada Kompas.com belum lama ini.

Jusri mengatakan, ketika memulai pastikan roda berputar secara perlahan dan gunakan juga rem tangan untuk menahan kendaraan tidak merosot saat mobil mulai bergerak.

Baca juga: Penjualan LCGC Masih Melambat Jelang Lebaran 2024, Sigra Juara


Kemudian, turunkan rem tangan dan tekan gas secara halus dan bertahap, jangan terburu-buru menginjak pedal gas.

Jusri juga mengatakan, ketika melewati jalan licin gunakan putaran mesin yang rendah. Pertahankan gigi transmisi pada satu tingkat lebih tinggi dibandingkan saat berjalan biasa.

“Posisikan gigi lebih tinggi satu tingkat, misal saat berjalan 40 km/jam di jalan biasanya menggunakan gigi 2, di jalan licin bisa menggunakan gigi 3. Ini karena mobil FWD memiliki traksi terhadap permukaan jalan lebih kecil, jadi harus bertahap,” kata Jusri.

Maanfaatkan momentum saat sedang bergerak agar tidak kehilangan traksi. Tips amannya, saat melewati tanjakan dan ada kemacetan, beri jarak yang cukup dengan kendaraan di depan, untuk mengambil ancang-ancang dan tenaga yang cukup buat melibas tanjakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com