Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Tambah Kuota Mudik Gratis, Pendaftaran Dibuka Hari Ini

Kompas.com - 30/03/2024, 06:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Tingginya animo masyarakat yang mengikuti program mudik gratis Lebaran 2024, membuat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, menambah kembali kuotanya.

Kemenhub membuka kembali pendaftaran mudik gratis dengan menggunakan bus. Namun penambahan ini kuotanya tak sebanyak yang pertama, yakni hanya untuk 10.000 orang, baik untuk arus mudik dan balik.

"Ditjen Perhubungan Darat menyiapkan kembali kuota untuk 10.000 orang sehingga diharapkan masyarakat bisa memanfaatkan sebaik-baiknya kuota ini. Sistemnya sama seperti sebelumnya, siapa cepat dia dapat," ucap Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hendro Sugiatno, dalam keterangan resminya, Jumat (29/3/2024).

Baca juga: Waktu Ideal Mobil Masuk Bengkel untuk Persiapan Mudik Lebaran

Sebagai informasi, sebelumnya Ditjen Perhubungan Darat telah membuka pendaftaran mudik gratis angkutan Lebaran 2024 pada 6 Maret 2024 dengan kuota 30.088 untuk arus mudik dan balik.

722 bus disiapkan Kemenhub untuk program mudik gratis 2024Kemenhub 722 bus disiapkan Kemenhub untuk program mudik gratis 2024

Dengan dibukanya kembali program mudik gratis untuk Lebaran tahun ini, secara total Ditjen Hubdat telah menyediakan kuota seluruhnya hingga 40.088 orang.

Hendro mengatakan, untuk kuota tambahan sebanyak 10.000, terbagi untuk arus mudik sebanyak 8.680 orang dan arus balik 1.320 orang.

Pendaftaran bisa dilakukan mulai Sabtu, 30 Maret 2024, pukul 08.00 WIB melalui aplikasi MitraDarat.

Bila semua kota sudah terpenuhi, maka proses pendaftarana tambahan kuota mudik gratis Kemenhub via bus ini juga akan ditutup. Sama seperti tahap awal.

Baca juga: Mudik Pakai Mobil, Ini 7 Pengecekan yang Tak Boleh Diabaikan

Adapun kota tujuan mudik yaitu sebanyak 26 kota, antara lain Garut, Cirebon, Blora, Boyolali, Cilacap, Tegal, Demak, Jepara, Kebumen, Klaten, Magelang, Madiun, Pati, Malang, Pekalongan, Purwokerto, Semarang, Sragen, Solo, Wonosobo, Tulungagung, Tuban, Wonosari, Bengkulu, Palembang, dan Lampung.

Mudik Gratis Kemenhub Lebaran 2024KEMENHUB Mudik Gratis Kemenhub Lebaran 2024

"Untuk kota asal keberangkatan arus balik yaitu sebanyak 7 kota di antaranya Semarang, Purwokerto, Solo, Surabaya, Wonogiri, Yogyakarta, dan Madiun," kata Hendro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com