Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SUV BAIC BJ-40 Plus dan BAIC X55-II Siap Meluncur, Begini Speknya

Kompas.com - 29/03/2024, 14:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – BAIC merupakan salah satu merek kendaraan bermotor yang berada di bawah naungan Beijing Automotive Group Co., Ltd. dan saat ini diklaim merupakan produsen kendaraan bermotor terbesar kelima di China.

Khusus untuk pasar Indonesia, BAIC akan memulai pemasarannya melalui dua model mobil ICE (Internal Combustion Engine), yaitu BAIC BJ-40 Plus dan BAIC X55-II.

BAIC BJ-40 Plus merupakan SUV penggerak empat roda, dengan model dan desain yang gagah, serta tampilan yang identik dengan Jeep Wrangler. Model ini juga telah beberapa kali mengikuti kejuaraan Rally terberat di dunia, yaitu Paris-Dakkar.

Baca juga: BMW Mulai Terganggu Kehadiran Mobil China

Model kedua yang dihadirkan untuk pasar Indonesia adalah BAIC X55-II yang merupakan kendaraan jenis Medium SUV penggerak roda depan (FWD) dengan mesin yang disebut MAGIC-CORE.Dok. JDI Model kedua yang dihadirkan untuk pasar Indonesia adalah BAIC X55-II yang merupakan kendaraan jenis Medium SUV penggerak roda depan (FWD) dengan mesin yang disebut MAGIC-CORE.

BAIC BJ-40 Plus di Indonesia hadir dengan satu pilhan mesin yaitu mesin bensin 4 silinder, 16 valve, 2.000 cc DOHC dengan Turbocharger, dipadukan dengan transmisi 8-Percepatan lansiran pabrik transmisi ternama dari Jerman yaitu ZF Friedrichshafen.

Sistem penggerak pun sudah menggunakan Electronic Transfer Case dengan Rear Differential Lock dari Borg-Wagner Jerman, yang sangat mumpuni untuk menerabas medan berat.

Dapur pacu BAIC BJ-40 Plus menghasilkan tenaga maksimum 221 Tk dan torsi maksimal 380 Nm, yang dirasa cukup mumpuni untuk kondisi jalan dan alam di Indonesia.

Baca juga: PO Kramat Djati Luncurkan 3 Bus Baru Rakitan Laksana

Model kedua yang dihadirkan untuk pasar Indonesia adalah BAIC X55-II yang merupakan kendaraan jenis Medium SUV penggerak roda depan (FWD) dengan mesin yang disebut MAGIC-CORE.

Mesin tersebut memiliki spek 4 silinder, 16 valve, 1.500 cc DOHC Turbocharger bertenaga 175 Tk dan torsi 300 Nm.

BAIC X55-II dilengkapi dengan transmisi 7-Percepatan Double Clutch (7-Speed DCT) dan diklaim sanggup berakselerasi dari 0-100 Kp dalam 7 detik.

Baca juga: Mobil Listrik Xiaomi SU7 Meluncur, Harga Rp 400 Jutaan

Lewat kerja sama ini, artinya secara resmi penjualan kendaraan bermotor roda empat dengan merek BAIC akan segera dilakukan di Indonesia.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Lewat kerja sama ini, artinya secara resmi penjualan kendaraan bermotor roda empat dengan merek BAIC akan segera dilakukan di Indonesia.

Chief Operating Officer PT JDI Dhani Yahya, mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk berada di Indonesia dalam jangka panjang.

“Dibuktikan dengan bahwasanya kami telah melakukan penjajakan untuk segera memulai perakitan lokal atau CKD di Indonesia untuk salah satu model yang telah diperkenalkan,” ujar Dhani di Tangerang (28/3/2024).

“Kami berkomitmen untuk segera melakukan penunjukkan mitra-mitra terpilih untuk bekerjasama menjadi diler resmi kami,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com