Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah Merawat AC Mobil, Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Kompas.com - 21/03/2024, 08:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuaca panas terik belakangan ini melanda wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Kondisi ini turut berdampak pada pengguna kendaraan roda empat yang terkadang merasa komponen penyejuk kabin (Air Conditioner/AC) tidak bekerja maksimal.

Demi menjaga kualitas AC mobil, dibutuhkan perawatan berkala yang bisa dilakukan secara mandiri di rumah.

Ferry Jensen, CEO, Founder Rotary Auto, mengatakan, perawatan ringan AC mobil yang bisa dilakukan oleh pemilik kendaraan adalan membersihkan filter kabin dan motor blower. Perawatan ini sebaiknya dilakukan per tiga bulan.

Baca juga: Mazda Siapkan Sedan Listrik, Penerus Mazda6

“Filter kabin itu bisa dibuka laci (dasbor,) setelah itu akan ada penutup untuk filter kabin, yang tinggal dicopot, dibersihkan atau diganti jika memang sudah kotor sekali,” ucap Ferry, saat ditemui Kompas.com, di Jakarta Selatan, Selasa (19/3/2024).

penggantian filter kabin perlu dilakukan secara berkala untuk menjaga kualitas udara di dalam kabinKompas.com/Erwin Setiawan penggantian filter kabin perlu dilakukan secara berkala untuk menjaga kualitas udara di dalam kabin

Selain filter kabin, pemilik kendaraan juga bisa membersihkan motor blower dengan bantuan embusan angin.

“Kalau memungkinkan kita bisa bersihkan motor blower-nya, karena untuk membuka motor blower itu cukup gampang tinggal cabut satu soket. Kemudian ada tiga baut yang bisa dilepaskan. Motor Blower bisa kita semprot semprot pakai angin di rumah kalau ada kompresor,” kata Ferry.

Baca juga: Husqvarna Luncurkan Svartpilen 801, Tenaga Tembus 100 TK

Ferry melanjutkan, sebaiknya perawatan tersebut dilakukan setiap tiga bulan sekali, agar performa AC mobil tetap terjaga.

“Perawatan sederhana ini bisa dilakukan pemilik kendaraan setiap tiga bulan sekali di rumah,” kata Ferry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com