Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pastikan Cek Komponen AC Sebelum Mobil Dipakai Mudik

Kompas.com - 26/03/2024, 07:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukaan mudik pakai mobil pribadi memang jadi hal yang menyenangkan. Salah satu komponen penting biar perjalanan makin lancar adalah AC pendingin ruangan.

Bayangkan saja ketika sedang mudik, di tengah kemacetan saat siang hari, AC mobil malah tidak dingin. Tentu perjalanan tersebut jadi tidak nyaman.

Makanya, memeriksa AC menjadi hal yang penting sebelum mobil dipakai untuk mudik. M Gunawan, Kepala bengkel spesialis AC mobil Premium 99 di Depok, Jawa Barat, mengatakan, ada banyak komponen AC yang harus diperiksa demi kelancaran fungsi AC.

Baca juga: Kurangnya Sopir Truk Berkompeten di Indonesia

AC Mobil SuzukiSIS AC Mobil Suzuki

"Pertama kondisi filter kabin, lalu kinerja motor blower (embusan angin seberapa kencang). Evaporator, suhu yang keluar, tekanan freon, kerja motor fan depan untuk pendinginan mesin, belt, sampai kompresor," ucap Gunawan kepada Kompas.com, Senin (25/3/2024).

Gunawan menjelaskan, motor blower harus diperiksa kecepatannya karena punya peran yang penting. Harus dicek seberapa cepat setiap setelan yang ada, biar memudahkan penumpang saat butuh kabin yang dingin.

"Saat mudik mobil biasa diisi penuh penumpang, apalagi untuk mobil single blower. Kita harus tahu seberapa cepat AC bisa mendinginkan kabin supaya mudik nyaman," kata Gunawan.

Baca juga: Benarkah Kondisi AC Mobil Harus Off Sebelum Mematikan Mesin?

Kalau misalnya terlewat tidak dicek, takutnya AC cuma dingin di kondisi tertentu. Tapi saat benar-benar dibutuhkan, motor blower tidak bekerja maksimal, jadi saat panas malah tidak terasa dingin.

Pemeriksaan ini bisa dilakukan di tempat AC. Tentu tujuannya agar perjalanan mudik dengan mobil pribadi jadi nyaman, tidak kepanasan di berbagai kondisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com