Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Siapkan Dana buat Goda Jorge Martin

Kompas.com - 21/03/2024, 17:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Crash.net

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha disebut terus memantau kondisi Jorge Martin. Pabrikan asal Jepang itu mengincar Martin yang saat ini merupakan pebalap utama tim satelit Pramac Racing.

Seperti diketahui, Martin dua kali gagal promosi ke tim pabrikan Ducati dan telah menegaskan bahwa jika pada 2025 dia tetap tak masuk skuad pabrikan maka dia akan keluar dari Ducati.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Busi Motor yang Cepat Rusak Berarti Palsu?

Yamaha dikabarkan sedang menyiapkan anggaran dana untuk menggoda Martin. Namun selain uang tantangan Yamaha ialah menghadirkan motor yang kompetitif.

Pebalap Pramac Racing, Jorge Martin, kala beraksi dalam rangkaian MotoGP Qatar 2024 di Sirkuit Internasional Lusail, 8 Maret 2024. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)AFP/KARIM JAAFAR Pebalap Pramac Racing, Jorge Martin, kala beraksi dalam rangkaian MotoGP Qatar 2024 di Sirkuit Internasional Lusail, 8 Maret 2024. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)

“Di Iwata mereka sedang menyiapkan anggaran,” tulis Crash untuk menggambarkan keseriusan Yamaha kepada Martin, dikutip Kamis, (21/3/2024).

Saat ini Yamaha memang tengah menghadapi tekanan ekstra untuk meningkatkan kemampuan YZR-M1. Apalagi pebalap utamanya, Fabio Quartararo mengatakan motor tahun ini tak lebih baik dari sebelumnya.

Di sisi lain, apabila Martin hengkang dari Ducati maka sebetulnya merupakan risiko yang besar. Sebab diketahui bahkan KTM dan Aprilia yang unggul di atas Yamaha dan Honda, tertinggal dari motor Ducati yang berusia satu tahun lebih lama.

Baca juga: Perilaku Semacam Ini Ternyata Bisa Bikin Busi Motor Cepat Rusak

Namun kalau Martin mengejar uang maka bisa saja dia pindah ke Yamaha. Sebab pindah dari tim satelit Ducati ke tim pabrikan akan menghasilkan kenaikan gaji, seperti yang saat ini dirasakan Luca Marini yang pindah dari VR46 Racing ke Honda.

Fermin Aldeguer saat berlaga pada Moto2 Australia 2023Dok. @ferminaldeguer_54 Fermin Aldeguer saat berlaga pada Moto2 Australia 2023


Belum jelas apakah kalau Martin memang berniat ke Yamaha maka siapa yang akan digusur. Yamaha seperti diketahui sangat mengandalkan Quartararo yang berstatus Juara Dunia 2021.

Di sisi lain Quartararo merupakan pebalap yang vokal mengkritik Yamaha. Sedangkan pada musim ini Yamaha membajak Alex Rins dari LCR Honda.

Baca juga: Kena Arm Pump Jelang MotoGP Portugal 2024, Pedro Acosta Harus Operasi

Ducati sendiriri telah mengonfirmasi kedatangan Fermin Aldeguer pada 2025, dan meski belum memastikan di tim mana dia akan ditempatkan, kemungkinan adalah Pramac.

Itu berarti musim depan posisi Martin atau rekan setimnya Franco Morbidelli yang terancam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com