Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil yang Identik Kerap Alami Kerusakan di Bagian Kaki-kaki

Kompas.com - 21/03/2024, 03:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring dengan usia pemakaian mobil, kerap kali mulai terdengar adanya suara-suara decitan pada bagian kolong. Bunyi decitan tersebut bisa menandakan adanya masalah pada area kolong, paling sering pada sektor kaki-kaki.

Masalah kaki-kaki pun bisa meliputi banyak komponen, mulai dari shockbreaker, tie rod, link stabil, dan masih banyak lagi.

Namun dibalik itu, banyak kasus kerusakan kaki-kaki yang cukup sering terjadi pada model mobil dan merek mobil tertentu. Ini seperti yang diungkapkan oleh Ferry Jensen, CEO, Founder Rotary Auto.

Baca juga: Korlantas Polri Buka Mudik Gratis, Siapkan 400 Bus ke Sejumlah Daerah

“Paling banyak itu mobil Honda, kayak CR-V, HR-V itu sering sekali rusak di bagian kaki-kaki,” kata Ferry kepada Kompas.com, di Jakarta Selatan, Selasa (19/3/2024).

Selain Honda, ada juga merek lain yang kerap bermasalah di bagian kaki-kaki, yakni Mazda, yang meliputi model Mazda 2, dan CX-5.

Ferry Jenser, CEO dan Founder Rotary Auto.Kompas.com/Nanda Ferry Jenser, CEO dan Founder Rotary Auto.

“Honda dan Mazda itu kaki-kakinya agak sedikit ringkih karena punya tulang di arm-arm nya itu sangat tipis, makanya bushing-bushing sering kena. Part yang sering bermasalah itu seperti link stabil, tie rod, end tie rod, dan long tie rod,” kata Ferry.

Tak hanya itu, Ferry melanjutkan, kerusakan pada kaki-kaki juga kerap kali meluas ke komponen lain seperti rack steer.

Baca juga: Isuzu Pamer Pikap Listrik Konsep D-Max EV

“Kebanyakan karena bermasalah di bagian kaki-kaki biasanya meluas sampai ke rack steer, ini kebanyakan. terjadi di model mobil Jepang,” kata Ferry.

Adapun untuk penyebab kerusakan kaki-kaki mobil biasanya terjadi karena kerap melewati jalan rusak, menghajar lubang hingga kerap membawa beban penuh. Untuk itu konsumen sebaiknya langsung membawa kendaraan ke bengkel jika sudah merasakan penurunan performa pada sektor tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com