Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 SUV BMW yang Laris di Bursa Mobil Bekas

Kompas.com - 20/03/2024, 09:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren SUV tidak cuma di mobil baru tapi juga mobil bekas. Merek Eropa seperti BMW misalnya, di bursa mobil bekas punya pasarnya sendiri.

Seperti diketahui, BMW akan salah satu merek yang "getol" meluncurkan SUV atau menyebutnya Sport Activity Vehicle (SAV). Modelnya beragam mulai dari X1, X2, X3, X4, X5, X7 sampai X9.

Baca juga: Karakter Orang Beli Mobil Bekas buat Mudik, Ganti yang Lebih Besar

Louis Hansen, Marketing Autobahn.id, showroom mobil bekas di BSD City, Tangerang, mengatakan, dari sekian banyak jenis SUV BMW hanya tiga model yang cepat laris di bursa mobil bekas.

BMW X1 sDrive18iKompas.com BMW X1 sDrive18i

"Model seperti itu pasarnya tidak banyak, seperti BMW X4 dan X6 tidak terlalu banyak peminat, tidak seperti X1, X3 dan X5," ujar Louis kepada Kompas.com, di Tangerang, beberapa waktu lalu.

Meski demikian Louis tidak bisa mengatakan, siapa yang paling favorit. Sebab baik BMW X1, X3 dan X5 pada dasarnya punya segmen sendiri dan tidak bisa dipukul rata.

"Kalau dibilang favorit semuanya sudah punya pasarnya masing-masing," ujar Louis.

"Kalau X1 itu entry level BMW jadi orang yang mau loncat ke BMW dan merasakan kualitas rancang bangunnya oke tapi dengan konsekuensi mesinnya paling kecil," katanya.

New BMW X5 xDrive40i xLine difoto di Blora, Jawa Tengah, Minggu (4/4/2021). BMW X5 merupakan pelopor dari segmen Sport Activity Vehicle BMW. Fitur yang paling mencolok dari New BMW X5 xDrive40i xLine ini adalah hadirnya bangku baris ketiga yang mampu memberikan ruang untuk seluruh keluarga.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO New BMW X5 xDrive40i xLine difoto di Blora, Jawa Tengah, Minggu (4/4/2021). BMW X5 merupakan pelopor dari segmen Sport Activity Vehicle BMW. Fitur yang paling mencolok dari New BMW X5 xDrive40i xLine ini adalah hadirnya bangku baris ketiga yang mampu memberikan ruang untuk seluruh keluarga.

Baca juga: Lorenzo Komentari Balapan Perdana Marc Marquez dengan Ducati

"X3 pakai mesin Seri 3, 2.000 cc turbo jadi di X3 lebih yang mencari 5 penumpang power besar dan buat ke luar kota masih enak. Sedangkan kalau X1 pencarinya buat yang di dalam kota bentuk SUV dan kompak," katanya.

Sedangkan untuk X5 kata Louis, marketnya beda lagi lebih atas lagi. Kemudian walaupun X5 merupakan salah satu model yang cukup menonjol di jajaran SUV BMW, jualannya tetap butuh waktu.

"X7 dan X9 ada tapi jarang sekali. Mungkin dalam sebulan cuma satu yang datang mencari. X5 saja sebetulnya tidak bisa jualan cepat, kami bisa jual X5 itu enam bulan mungkin kalau lagi hoki bisa sebulan tapi jarang," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com