Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Mulai Serius Ramaikan Pasar BEV Nasional 2026

Kompas.com - 20/03/2024, 09:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewasa ini tren perkembangan kendaraan listrik berbasis baterai di Indonesia tengah bergerak cepat. Bahkan tidak sedikit produk yang diperkenalkan sudah mampu merangsang konsumen menengah.

Kondisi tersebut terbukti dari data penjualan yang diolah Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), di mana segmen battery electric vehicle (BEV) tumbuh 237,3 persen yoy.

Melihat pada peta persaingannya, capaian ini diperoleh usai merek asal Korea Selatan dan China mulai berdatangan sejak dua tahun belakangan. Datang sebagai penantang, strategi perang harga pun diterapkan.

Baca juga: Grup Astra Lebur 3 Bisnis Mobil Bekas, Berubah Jadi OLXmobbi

Ilustrasi mobil listrik, kendaraan listrik. SHUTTERSTOCK/MIKE FLIPPO Ilustrasi mobil listrik, kendaraan listrik.

Alhasil, awal 2024 sedikitnya ada tujuh produk BEV meluncur dengan banderol di bawah Rp 400 juta, seperti Wuling Air EV, Wuling BinguoEV, MG 4 EV, Neta V, DFSK Seres E1, Chery Omoda E5, sampai BYD Dolphin, dan Atto3.

Melihat geliat terkait, agaknya Toyota sebagai perusahaan otomotif terbesar di Indonesia tidak ingin tinggal diam.

Setelah sukses merajai segmen kendaraan hybrid (hybrid electric vehicle/HEV), sang market leader memastikan akan ramaikan pasar BEV dalam dua tahun mendatang.

"Kita dari Toyota Indonesia selalu berupaya untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat sehingga membawa seluruh teknologi baik BEV, HEV, maupun PHEV," kata Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto di Jakarta, Selasa (19/3/2024).

Baca juga: Hitung Pajak Tahunan SUV Listrik Kia EV9 GT-Line

All New Toyota Kijang Innova Zenix EV ModellistaKOMPAS.com/STANLY RAVEL All New Toyota Kijang Innova Zenix EV Modellista

"Dengannya masyarakat dapat memilih teknologi mana yang cocok bagi mereka. Secara global, akan ada 30 model EV baru yang akan diluncurkan hingga 2030," lanjutnya.

"Sementara di Indonesia sendiri, saya berikan sedikit bocoran saja, akan ada kendaraan elektrifikasi baik itu BEV, HEV, dan PHEV baru yang akan diluncurkan dalam dua tahun mendatang," tambah dia.

Meski demikian, pihak Toyota Indonesia masih enggan untuk bicara lebih jauh terkait rencana model atau produk dimaksud, termasuk BEV.

Tapi dalam kesempatan terpisah, Marketing Director PT TAM Anton Jimmi Suwandy mengakui bila mobil listrik murah saat ini sangatlah seksi. Bahkan, sudah bisa merangsang konsumen pertama.

Baca juga: Pabrik Baterai Mobil Listrik Pertama di Indonesia Segera Beroperasi

Totota BZ4X BEV saat di KTT AIS Forum 2023.Dok. TAM Totota BZ4X BEV saat di KTT AIS Forum 2023.

"Kendaraan listrik saat ini sudah mulai masuk first buyer walaupun belum banyak. Artinya, semakin terjangkau dan mereka pun sudah melirik (teknologi) ini," kata dia.

Adapun produk BEV dari Toyota sekarang masih diisi bZ4X, yang diimpor langsung dari Jepang. Kendaraan dijual dengan banderol Rp 1,1 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com