Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karakter Orang Beli Mobil Bekas buat Mudik, Ganti yang Lebih Besar

Kompas.com - 19/03/2024, 20:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang mudik, pasar mobil bekas ikut terdampak seiring permintaannya yang naik. Mobil bekas jadi pilihan kendaraan buat mudik yang sebenarnya simpel, mengurusnya cepat, tidak seperti beli mobil baru yang belum dapat pelat nomor.

Ternyata menjelang mudik, ada kesamaan orang yang membeli mobil bekas. Kebanyakan adalah meningkatkan mobil tapi dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Head of Marketing Astra Digital Mobil Catherine Jennie mengatakan, orang yang cari mobil bekas untuk mudik biasanya cari kendaraan yang ukurannya lebih besar.

Baca juga: Begini Cara Ketahui Mobil Bekas yang Odometernya Diubah

Mobil bekas yang diminati buat mudik lebaranKOMPAS.com/FATHAN Mobil bekas yang diminati buat mudik lebaran

"Lebih besar untuk memuat penumpang dan barang bawaan dengan nyaman," ucap Jennie kepada Kompas.com, Selasa (19/3/2024).

Memang sekarang, beberapa orang memilih mobil yang ringkas buat dipakai di perkotaan. Cuma buat mudik, mobil yang besar seperti MPV dan SUV tiga baris bangku masih diminati.

"Tradisi mudik kan dilakukan bersama keluarga, dan tentunya membawa barang yang tidak sedikit. Sehingga mobil dengan kapasitas besar paling banyak dicari," ucap Jennie.

Baca juga: Hitung Pajak Tahunan SUV Listrik Kia EV9 GT-Line


Selain itu, mobil yang kapasitas penumpangnya banyak biasanya cukup nyaman buat menempuh jarak jauh. Beda rasanya dengan mobil perkotaan, mesinnya kecil serta biasanya kurang nyaman.

"Berdasarkan data internal OLX per Februari 2024, mobil yang jadi favorit masyarakat atau paling banyak dicari antara lain Toyota Kijang Innova, Avanza, Fortuner, Daihatsu Xenia, Honda HR-V, dan Suzuki Ertiga," ucap Jennie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com