Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seminggu Jelang Ramadhan Angka Kecelakaan di Indonesia Menurun

Kompas.com - 12/03/2024, 06:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tingkat kecelakaan lalu lintas (Laka lantas) yang terjadi di Indonesia mengalami penurunan, selama periode 4-10 Maret 2024 alias satu minggu sebelum bulan Ramadhan 1445 Hijriah.

Berdasarkan rekap data yang dihimpun dari Integrated Road Safety Management System alias IRSMS Korlantas Polri, terjadi 1.669 laka lantas di seluruh Indonesia.

Catatan ini terbilang bagus, ada penurunan lebih dari 300 kasus laka jika dikomparasikan pada dua pekan sebelumnya yang berjumlah 1.984 kasus.

Baca juga: Jorge Martin Salahkan Kondisi Ban Saat Balapan di MotoGP Qatar 2024

Peristiwa kecelakaan mobil menabrak tiang listrik dan pohon terjadi di area Komplek Marakash Square, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Selasa (2/1/2023). Polisi menyebut peristiwa terjadi karena pengemudi mengantuk. Instagram @babelanhits Peristiwa kecelakaan mobil menabrak tiang listrik dan pohon terjadi di area Komplek Marakash Square, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Selasa (2/1/2023). Polisi menyebut peristiwa terjadi karena pengemudi mengantuk.

Adapun untuk Provinsi dengan jumlah kasus laka lantas terbanyak dipegang oleh Jawa Timur, dengan catatan 427 kasus dan 17 orang meninggal dunia. Angka fatalitasnya juga menurun menjadi 4 persen.

Kemudian di urutan kedua dipegang oleh Provinsi Jawa Tengah dengan catatan 240 kasus laka dan 14 orang meninggal dunia. Fatalitasnya sedikit lebih tinggi di angka 7 persen.

Kawasan Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi) berada di posisi ketiga dengan catata 134 kasus dan 10 orang meninggal dunia, fatalitasnya adalah 10 persen.

Kalimantan Utara kembali menjadi Provinsi dengan jumlah laka paling sedikit di setiap minggunya, dengan catatan nol kasus sepanjang pekan terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com