Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strategi Isuzu Tingkatkan Pangsa Pasar Kendaraan Niaga di Indonesia

Kompas.com - 09/03/2024, 14:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) bertekad untuk tingkatkan dominasinya di segmen kendaraan niaga nasional pada tahun ini, hingga 30 persen.

Dikatakan Presiden Direktur IAMI Yusak Kristian, target agresif itu sejalan dengan usia perusahaan yang telah memasuki setengah abad di Tanah Air.

"Sepanjang 2023, Isuzu telah mencetak rekor dengan penguasaan 27 persen pada segmen komesial. Pada usia yang ke-50 ini, kami punya target meningkatkan dominasi hingga mencapai market share 30 persen," kata dia di Jakarta, Kamis (7/3/2024).

Baca juga: Skema Kredit Mobil Niaga, Bunga Bisa Rendah Tapi Lebih Ketat

Isuzu Pamerkan Bus Sekolah Khusus Difabel, Mulai Digunakan Tahun IniKompas.com/Daafa Alhaqqy Isuzu Pamerkan Bus Sekolah Khusus Difabel, Mulai Digunakan Tahun Ini

Guna merealisasikan target itu, beberapa langkah akan dilakukan Isuzu, mulai dari meningkatkan utilitas pabrik, menambah negara tujuan ekspor, sampai menjaga layanan purna jual.

Yusak menyebut, sedikitnya akan ada dua negara tujuan baru bagi Isuzu hingga akhir 2024. Keduanya berada di kawasan Amerika Latin.

Perusahaan juga menerapkan strategi Triple Action yang berfokus pada penguatan penjualan kendaraan, servis, dan spare part, dengan didukung mechanic on site, myIsuzuID, dan Part Depo.

Langkah terkait dibuktikan pada hari kedua pameran Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (Giicomvec) 2024 yang memberikan apresiasi terhadap para konsumennya.

Baca juga: Isuzu Pamerkan Bus Sekolah Khusus Difabel, Mulai Digunakan Tahun Ini

Apresiasi Isuzu kepada para mitraKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Apresiasi Isuzu kepada para mitra

"Acara ini juga menjadi platform yang tepat bagi Isuzu untuk menjalin kolaborasi baru, memperluas jaringan, dan mengukuhkan posisinya sebagai pemimpin dalam industri truk di Indonesia,” ujar Yusak.

Dinamakan Isuzu Appreciation Day, acara diadakan khusus untuk para mitra Isuzu di wilayah Jakarta yang telah secara konsisten berkontribusi.

"Sebagai bentuk apresiasi kami yang terdalam kepada mitra yang telah secara konsisten berkontribusi terhadap kesuksesan kami melalui pencapaian luar biasa dalam penjualan dan layanan purna jual," ujar Business Operation & Strategy Division Head PT IAMI, Attias Asril.

Apresiasi yang diberikan terdiri dari dua kategori utama. Pertama, kategori Real Rental Partner, yang merupakan bentuk apresiasi kepada para konsumen yang memberikan kepercayaan dengan memilih Isuzu sebagai partner bisnis rental.

Baca juga: Berkendara Saat Hujan, Pastikan Selalu Jaga Jarak Aman

Apresiasi Real Rental Partner diberikan kepada:

1. PT Adi Sarana Armada
2. Indopenske
3. PT Mobilitas Digital Indonesia
4. PT Serasi Autoraya

Kategori kedua adalah Real Trucking Partner, yang merupakan bentuk apresiasi Isuzu kepada para konsumen yang telah memberikan kepercayaan dengan memilihnya sebagai partner bisnis berupa truk.

Apresiasi Real Trucking Partner diberikan kepada:

1. PT Astra Agro Lestari
2. PT Baraka Sarana Tama
3. PT Fastrans Logistik Indonesia
4. PT Prima Maju Jaya
5. PT Prima Trans Logistik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com