Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaga Dominasi Pasar, Daihatsu Andalkan Gran Max di Giicomvec 2024

Kompas.com - 07/03/2024, 15:33 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Melanjuti dominasinya pada segmen kendaraan pikap ringan, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kembali ikut serta dalam pameran kendaraan niaga Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo alias Giicomvec 2024 di JCC, Senayan, Jakarta.

Mengandalkan model Gran Max, langkah ini diambil sebagai komitmen perusahaan dalam memenuhi kebutuhan para pelaku bisnis, sekaligus ingin berkontribusi terhadap pasar nasional pada awal tahun 2024.

"Sepanjang 2023, Gran Max mejadi pilihan utama masyarakat pada segmen pasar otomotif komersil. Di mana, varian pikap (PU) sebesar 43.896 unit atau sekitar 49 persen mendominasi segmennya," ucap Sri Agung Handayani, Marketing Director & Corporate Communication Director ADM, Kamis (7/3/2024).

Baca juga: Terobosan Baru Pioneer di Indonesia

Daihatsu Gran Max di GIICOMVEC 2024dok.ADM Daihatsu Gran Max di GIICOMVEC 2024

"Kemudian juga ada Gran Max MB (Mini Bus) sebanyak 12.444 unit atau sebesar 85 persen mendominasi segmen pasar semi komersial," lanjut dia.

Adapun pada penjualan ritel, total Daihatsu Gran Max berhasil capai 56.340 unit atau berkontribusi 29 persen dari total penjualan Daihatsu di Indonesia.

Selain itu, tercatat sebanyak lebih dari 14.000 unit, atau sekitar 25 persen total penjualan Gran Max menjadi pilihan armada bisnis bagi lebih dari 3.700 pelanggan fleet dari berbagai bidang usaha.

Di antaranya seperti logistik, komoditas, Shuttle Car, industri kreatif seperti kuliner, dan beragam bisnis lainnya.

Pada pameran ini, Daihatsu menghadirkan total em[at unit yang dapat menjadi inspirasi dan solusi mobilitas untuk berbagai kebutuhan komersial, yakni dua unit Gran Max Pick Up yang dimodifikasi menjadi mobil Café dan mobil boks.

Baca juga: Jajaran Kendaraan Niaga yang Bisa Dijajal di Giicomvec 2024

Daihatsu Gran Max di GIICOMVEC 2024KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Daihatsu Gran Max di GIICOMVEC 2024

Kemudian juga ada satu unit Gran Max Blind Van yang didesain menjadi armada ekspedisi, serta satu Daihatsu Luxio yang didesain menjadi mobil ambulans.

"Keempat model ini menunjukkan bahwa mobil Daihatsu sebagai kendaraan multi fungsi cocok digunakan di berbagai bidang bisnis sesuai kebutuhan," kata Agung.

Dalam hal spesifikasi, Gran Max memiliki beragam tipe mulai dari Pick Up, Minibus, hingga Blind Van yang dapat dipilih sesuai kebutuhan para pebisnis. Gran Max juga tersedia dalam dua pilihan mesin dengan kapasitas 1.3L dan 1.5L.

Daihatsu di GIICOMVEC 2024KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Daihatsu di GIICOMVEC 2024

Pada varian mesin 1.5L, Gran Max Makin Kuat berkat mesin baru 1.5L 2NR-VE Dual VVT-I yang memiliki performa responsif dan bertenaga ketika melewati jalanan menanjak sambil membawa barang sekaligus, serta tetap memiliki konsumsi bahan bakar yang irit.

Pada varian Gran Max 1.5L juga Makin Aman berkat ukuran roda berdiameter 14 inci menambah jarak ketinggian dari tanah (ground clearance).

Sehingga membantu aktivitas berkendara tetap aman ketika melewati genangan air. Gran Max di beberapa varian 1.5L juga makin nyaman karena dilengkapi dengan EPS (Electronic Power Steering).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com