Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamax Green 95 Akan Tersedia di Jawa Tengah Mulai Tahun Ini

Kompas.com - 07/03/2024, 14:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertamina berencana memperluas distribusi penyaluran Pertamax Green 95 pada tahun ini. Kalau sesuai rencana, pada semester dua atau Juli 2024 Pertamax Green akan mulai tersedia di Jawa Tengah.

Direktur Pemasaran Regional PT Pertamina Patra Niaga, Mars Ega Legowo Putra, mengatakan, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan rantai distribusi agar bahan bakar minyak (BBM) jenis baru tersebut bisa tersedia di Jawa Tengah.

Baca juga: Motor Terserempet Kereta Api di Pelintasan Tanpa Palang Pintu

Pertamina resmi merilis BBM Pertamax Green 95Dok. Pertamina Pertamina resmi merilis BBM Pertamax Green 95

"Pertamax Green ini salah satu produk unggulan kami di RON 95 yang ramah lingkungan saat ini kami sedang mengembangkan untuk beberapa wilayah khususnya untuk sisi supply chain," ujar Mars Ega, Rabu (6/3/2024).

"Insya Allah di semester dua nanti akan ada peningkatan Pertamax Green tidak hanya di Provinsi DKI (Jakarta) ataupun Surabaya mungkin di wilayah Jawa Tengah akan kami kembangkan untuk produk RON 95 ini," kata dia.

Pertamax Green merupakan jenis baru yang pertama kali diperkenalkan pada 2023, saat ini ada 17 SPBU yang menyediakan Pertamax Green di wilayah Surabaya dan DKI Jakarta.

Baca juga: Honda Bikin Airbag Pengendara Motor, Jadi Makin Canggih

Update harga BBM di SPBU Pertamina per 1 Februari 2024.KOMPAS.com/Nur Jamal Sha'id Update harga BBM di SPBU Pertamina per 1 Februari 2024.

Pertamax Green 95 memiliki spesifikasi yang berbeda dengan produk gasoline lainnya. Pertamax Green 95 merupakan BBM terbaru yang dibuat menggunakan campuran Pertamax dengan Bioetanol sebesar 5 persen (E5).

Bioetanol adalah etanol atau senyawa alkohol yang berasal dari tumbuhan. Dalam hal ini, Pertamina menggunakan tebu.

Pertamina tidak menjawab kandungan sulfur ataupun kandungan timbal pada Pertamax Green 95, namun memastikan produk BBM ini lebih ramah lingkungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com