Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaji Bagnaia Musim 2024 Terungkap, Status Juara Dunia MotoGP

Kompas.com - 07/03/2024, 07:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Francesco Bagnaia jadi pebalap Ducati pertama yang memperpanjang kontraknya hingga 2026. Dengan titel juara dunia dua kali beruntun MotoGP 2022 dan 2023, Bagnaia tentunya memiliki gaji yang sangat tinggi.

Dikutip dari Es.motorsport.com, Kamis (7/3/2024), pebalap Italia ini dibayar per musim sekitar 7 juta euro atau sekitar Rp 119 miliar. Tapi, penghasilannya secara total dalam satu musim bisa mencapai 10 juta euro atau sekitar Rp 170 miliar.

Baca juga: Marquez Bertekad Kalahkan Bagnaia dan Martin di MotoGP 2024

Total penghasilan tersebut didapat jika Bagnaia menjadi juara dunia. Sebab, Ducati juga menjanjikan bonus jika gelar tersebut bisa diraih.

Ducati mempertahankan gelar juara dunia MotoGP lewat Francesco BagnaiaDok. Ducati Ducati mempertahankan gelar juara dunia MotoGP lewat Francesco Bagnaia

Kontrak Bagnaia sebelumnya, ditandatangani awal 2022, sebelum memenangkan gelar juara dunia, bayaran yang diperoleh sama seperti pebalap tim satelit Pramac Racing dan Gresini Racing. Kala itu dua pebalap yang tercatat, adalah Jorge Martin dan Enea Bastianini.

Sekarang, gaji pokok dalam kontrak baru mencerminkan statusnya sebagai juara dua kali beruntun. Uang yang terlibat dalam kontrak Bagnaia mewakili perubahan besar dalam metodologi Ducati sejak masa Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi, yang keduanya mendapat kompensasi besar.

Baca juga: Ducati Tidak Khawatir Bagnaia Kalah dan Marquez Jadi Juara Dunia

Lorenzo, misalnya, dilaporkan mengantongi 25 juta euro atau sekitar Rp 426 miliar untuk setiap dua musim gagal. Padahal, selama periode pembayaran gaji yang sangat besar ini, Ducati gagal memenangkan gelar MotoGP.

Francesco Bagnaia saat sesi tes Valencia MotoGP 2024Dok. Ducati Francesco Bagnaia saat sesi tes Valencia MotoGP 2024

Namun, Lorenzo sendiri memang sudah mengantongi tiga gelar juara dunia MotoGP bersama Yamaha. Maka itu, nilai kontraknya cukup besar untuk bisa menarik Lorenzo dari Yamaha ke Ducati.

Tak menutup kemungkinan jika Bagnaia bisa meraih gelar juara dunia MotoGP yang ketiga kalinya secara berturut-turut bersama Ducati, gajinya bisa setara dengan Lorenzo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com