Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MotoGP Dikabarkan Dijual Seharga Rp 67 Triliun

Kompas.com - 05/03/2024, 16:19 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabar soal MotoGP akan dijual ke pemilik Formula 1 (F1) masih terus berlanjut. Belum lama ini, dikabarkan bahwa MotoGP akan dijual dengan harga 3,4 miliar poundsterling atau sekitar Rp 67,9 triliun.

Menurut laporan dari Sky News, Dorna Sports sedang mengupayakan penjualan dalam beberapa minggu, namun jadwalnya masih belum pasti.

Baca juga: Jadwal MotoGP Qatar 2024, Balapan Digelar Akhir Pekan Ini

Bridgepoint, sebuah perusahaan ekuitas swasta, adalah pemegang saham terbesar di Dorna, yang merupakan perusahaan induk MotoGP, dan sedang bernegosiasi dengan para calon pembeli.

Balapan terakhir Marc Marquez dengan Repsol Honda pada MotoGP Valencia 2023Dok. HRC Balapan terakhir Marc Marquez dengan Repsol Honda pada MotoGP Valencia 2023

Liberty Media, pemilik Formula 1, disebut oleh Sky News sebagai pihak yang berminat. Bridgepoint memiliki hampir 40 persen saham Dorna.

Jumlah yang sedikit lebih kecil dimiliki oleh Canada Pension Plan Investment Board (CPPIB). Manajemen Dorna sendiri juga memiliki saham.

Bridgepoint membeli MotoGP dari CVC Capital Partners pada tahun 2006, setelah CVC Capital Partners membeli F1. Kemudian, F1 dijual lagi ke Liberty Media pada tahun 2017, dengan nilai seri sebesar 8 miliar dolar AS atau sekitar Rp 126 triliun.

Baca juga: Ini Jadwal MotoGP Musim 2024, Balapan Segera Digelar

Jorge Martin saat berlaga pada MotoGP Thailand 2023Dok. @89jorgemartin Jorge Martin saat berlaga pada MotoGP Thailand 2023

CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta, mengatakan, pemegang saham mayoritas Dorna adalah dana investasi, yang membeli sesuatu untuk dijual.

"Kami selalu siap untuk dijual, sejak hari pertama. Kami telah bersama Bridgepoint sejak 2006 dan CPP sejak 2013. Selalu ada pendekatan dan segalanya. Itu saja. Untuk saat ini, hanya itu saja. Kami masih sama seperti biasanya," ujar Carmelo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com