Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Eka Makin Naik Kelas Rilis Bus AKAP Mewah

Kompas.com - 05/03/2024, 07:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah bocoran foto tersebar akhir 2023 lalu, PO Eka akhirnya resmi menambah bus baru buatan Karoseri Morodadi Prima.

Sesuai dengan bocoran kabar yang tersebar di media sosial, pada unggahan Instagram @morodadi_prima_official, bus tersebut menggunakan bodi Patriot TU.

Bodi Patriot sendiri identik dengan desain yang kokoh dan gahar khas bus Eropa. Selain itu, ciri khas bodi ini punya bando double glass berukuran lebih tipis dari kebanyakan karoseri. lain.

Baca juga: Cara Unik Komunitas Toyota Land Cruiser Lantik Kepengurusan Baru

Secara keseluruhan, tampilan eksterior bus tetap menggunakan DNA dari PO Eka yakni  kelir dasar putih dengan sentuhan livery garis putus-putus berwarna merah, oranye, dan cokelat pada bodi samping. Hanya saja kali ini tampilan jauh lebih segar dan modern. 

Bila masuk ke area kabin, nuansa mewah makin terasa dan makin menunjukkan bila PO Eka makin serius untuk meningkatkan kenyamanan bus AKAP. 

Kabin bus baru PO EkaInstagram @morodadi_prima_official Kabin bus baru PO Eka

Baca juga: Jorge Martin Targetkan Geser Enea Bastianini di Ducati

Bus ini hadir sebagai layanan kelas eksekutif dengan kursi penumpang 2-2. Kabin juga dilengkapi oleh sekat pemisah antara ruang penumpang dan kru bus.

Pada sekat pemisah yang menghadap ke area kursi penumpang, telah terpasang dua unit TV yang bisa menjadi hiburan penumpang selama perjalanan. Sementara itu, pada area paling belakang bus, dilengkapi pula dengan toilet. 

Sementara itu, dapur pacu dari bus ini ditopang sasis bus keluaran lama yakni Hino RN 285.  Alasannya, lantaran bus ini tidak sepenuhnya baru, karena sebelumnya menggunakan bodi Tourismo double glass.

Tapi, PO Eka melakukan peremajaan dengan skema rebodi menggunakan Patriot TU.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com