Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Poin Penting bagi Pemula yang Mau Turing Motor

Kompas.com - 02/03/2024, 15:22 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Stanly Ravel

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Pengendara sepeda motor yang menggandrungi aktivitas luar ruangan dan perjalanan jauh biasanya rutin melakukan turing.

Aktivitas semacam ini memang cukup populer di kalangan pengendara motor, khususnya ketika musim hujan saat cuaca sejuk dan iklim  bersahabat.

Namun, perlu diperhatikan, turing  sangat menguras tenaga. Jika dilakukan tanpa persiapan, profesional sekalipun bisa mengalami rentetan kendala di perjalanan.

Khusus pemula yang hendak melakukan turing perdana, baik sendiri maupun dengan rombongan, ada beberapa anjuran menarik yang sebaiknya dijadikan pertimbangan.

Baca juga: Modal Mitsubishi Canter Bus buat Bersaing Jadi Kendaraan Travel

Touring motorFoto: Wahana Touring motor

Anjuran ini dibagikan oleh Ashar alias Omdaengg, bikers veteran yang sering mengadakan touring dan melanglang buana keliling negara-negara di Asia Tenggara.

“Mohon maaf kalau kasar, tapi namanya turing tanpa persiapan itu bisa dibilang agak bodoh. Kenapa? Karena bisa membahayakan,” ucapnya saat berbincang dengan Kompas.com, Sabtu (2/3/2024).

Sebagai persiapan untuk pemula, Ashar memberikan tiga tips sebelum melakukan turing. Poinnya adalah soal badan, kendaraan, dan perlengkapan.

Untuk badan, Ashar menganjurkan pengendara supaya melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu. Pastikan tubuh dalam kondisi sehat jasmani tanpa ada potensi sakit.

Baca juga: Buktikan Ketangguhan, Merek Oli Ini Adakan Turing Lintas 3 Negara

Servis motor di bengkel resmi, Honda ke AHASSWMS Servis motor di bengkel resmi, Honda ke AHASS

Selanjutnya untuk persiapan kendaraan, pastikan motor sudah melakukan servis rutin. Usahakan semua komponen penting seperti oli, kampas rem, ban, dan sebagainya dalam kondisi baru.

“Enggak harus upgrade total ya, ganti shockbreaker atau lain-lain. Motor standaran juga enggak apa-apa, yang penting kondisinya sehat,” ucapnya.

Poin terakhir dan paling penting menyangkut perlengkapan berkendara. Ashar mewajibkan semua bikers untuk menggunakan aparel khusus perjalanan jauh.

Baca juga: Tips Agar Baterai Mobil Listrik Awet dan Tahan Lama

Pengguna motor listrik Alva ONE mengikuti acara Touring motor listrikKompas.com/Daafa Alhaqqy Pengguna motor listrik Alva ONE mengikuti acara Touring motor listrik

Menurut dia, helm sebaiknya berjenis full face, dan menggunakan jaket serta celana model, yang sudah memiliki padding di semua sendi tubuh.

“Keselamatan itu yang utama, jadi jangan (membeli peralatan) murah-murah kalau soal ini,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com