Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Motor Bekas Tanpa BPKB Sulit Terjual

Kompas.com - 29/02/2024, 18:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika mencari motor bekas, ada saja penjual yang menawarkan unit tanpa Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Biasanya, harga yang ditawarkan jauh lebih murah daripada yang lengkap surat-suratnya.

Namun, pada video yang diunggah akun gan.mv di Instagram, diceritakan pengalaman temannya menjual motor tanpa BPKB. Pertama dia beli motornya lewat Facebook marketplace, kelengkapannya cuma STNK, BPKB-nya hilang.

"Satu tahun dia pakai aman saja, lalu dia mau jual karena mau upgrade. Motornya dijual lagi di Facebook Marketplace, ada yang ajak COD, ternyata dia COD sama Polisi," kata gan.mv di video tersebut, dikutip Kompas.com, Kamis (29/2/2024).

Baca juga: Ketahui Batas Aman Mobil Melewati Banjir

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Megantara (@gan.mv)

 

Lalu, motor tadi disita polisi dan kalau mau diambil, harus menebus dengan harga yang sama. Makanya, membeli motor bekas tapi surat-surat tidak lengkap sangat berisiko.

Misal mau jual ke diler pun, biasanya kebanyakan diler tidak mau menerimanya. Seperti yang dikatakan Dwi Aryanto, Kepala Marketing Antara Motor di Cijantung, dia tidak beran ambil risiko beli motor tanpa BPKB

"Saya mending beli motor BPKB only daripada STNK only" ucap Dwi kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Meski Murah, Jangan Beli Motor Bekas yang Hanya Punya STNK


Dwi mengatakan, diler sudah pasti tahu risikonya apa ke depannya, bisa merusak reputasi. Bahkan paling parah, bisa dikira penadah motor bekas maling.

"Kalau pribadi saya juga enggak bakal mau kalau ada yang nawarin walau harga murah," kata Dwi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com