Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumor MPV Listrik Maxus 9 Tak Sampai Rp 1 Miliar, Ini Kata MG

Kompas.com - 29/02/2024, 08:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Morris Garage (MG) resmi meluncurkan MPV mewah MG Maxus 9 di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. Namun, pihak MG belum merilis harga resmi.

Arief Syarifudin, Marketing & PR Director MG Motor Indonesia, mengatakan, saat ini pihaknya masih studi mengenai harga sebab harga merupakan instrumen krusial. Namun, ditengarai harganya akan keluar mulai Mei atau Juni 2024.

Baca juga: Jangan Mendadak, Ini Jarak Aman Menyalakan Lampu Sein

"Agustus (2023) saya masih survei mengenai harga MG 4 EV dan Januari (2024) sudah keluar. Jadi tiga empat bulan, sama kurang lebih," ujar Arief kepada Kompas.com, di JIExpo, belum lama ini.

MG Maxus 9KOMPAS.com/Gilang MG Maxus 9

Spekulasi pun bermunculan, ada isu bahwa harga Maxus 9 bakal bermain di bawah Rp 1 miliar. Jika benar maka jadi pukulan buat Maxus Mifa 9 yang dibawa PT Indomobil Group di GIIAS 2023 yang dibanderol Rp 1,4 miliar.

Rumor tersebut hanya bisa terjadi jika calon kompetitor BYD Denza D9 tersebut dirakit lokal alias CKD di pabrik MG di Cikarang, Jawa Barat.

"Pokoknya kita akan ketemu lagi, tinggal tunggu tanggal mainnya. Kemarin bapak Presiden juga bertanya, dua kali, karena kami yang mendampingi saya dan pak Donald (Donald Rachmat COO MG) oke MG berapa harganya? jawaban saya sama sedang studi," ujar Arief.

Baca juga: Beda dengan Konvensional, Ini 5 Cara Aman Berkendara Motor Listrik

Arief memang belum bisa memberikan bocoran soal harga, tapi dia mengaku bahwa pihaknya sedang studi jalur produksi Maxus 9 di pabrik.

Test drive MG Maxus 9KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Test drive MG Maxus 9

"Kalau mobilnya itu nanti kami studi bisa diproduksi di Tanah Air dan mumpuni artinya ada faktor yang bisa kami pangkas dan membuat harganya bersaing," ujar Arief.

Untuk diketahui, saat ini sudah ada dua mobil listrik MG yang diproduksi di Tanah Air yaitu MG 4 EV dan MG ZS EV. MG membuktikan saat kedua model tersebut dirakit lokal pabrikan bisa menekan harga jual.

Baca juga: AHM Siapkan Pelatihan Safety Riding Khusus Motor Listrik

Contohnya ialah harga mobil listrik MG 4 EV yang mengalami penurunan harga beberapa kali. MG4 EV pertama kali diperkenalkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. Saat itu mobil masih impor alias CBU Thailand dibanderol dengan harga mulai Rp 649,9 juta sampai Rp 699,9 juta.

Hasilnya pada November 2023, mobil bergaya crossover listrik itu dirakit di Indonesia dan pada Januari 2024 harganya turun menjadi Rp 433 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com