Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ford Indonesia Belum Lirik Segmen Elektrifikasi

Kompas.com - 27/02/2024, 08:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki era elektrifikasi, sejumlah produsen otomotif menyajikan pilihan kendaraan ramah lingkungan, mulai dari berteknologi hibrida hingga battery electric vehicle (BEV). Beberapa diantaranya juga turut menghadirkan ekosistem yang mendukung mobilitas kendaraan elektrifikasi.

Kendati demikian, Ford Indonesia di bawah bendera RMA Group belum berniat menjual kendaraan elektrifikasi di Indonesia.

Steven Beteng, Direktur Sales dan Marketing RMA Indonesia, mengatakan, saat ini Ford masih berfokus untuk memasarkan produk yang sudah dijual di Tanah Air. Namun, pabrikan asal Amerika Serikat itu tidak menutup peluang untuk menghadirkan kendaraan elektrifikasi di Indonesia.

Baca juga: Perbaikan Jaringan, Perpanjang SIM Sempat Tidak Bisa

“Fokus kita adalah ingin memberikan yang terbaik dalam segala hal, kualitas, produk, adalah nomor satu. Elektrikasi memang sedang tren di dunia, tapi tunggu tanggal mainnya nanti,” kata Steven di Jakarta Barat, Senin (26/2/2024).

Mustang Mach-EKompas.com/ApridaMegaNanda Mustang Mach-E

Sebagai informasi, Ford saat ini sudah memiliki beberapa model mobil elektrifikasi di pasar global. Mulai dari Mustang Mach-E BEV, F-150 Lighting, hingga Ford Escape yang berteknologi hibrida.

Untuk Mustang Mach-E mengandalkan tenaga yang berasal dari baterai Lithium-ion. Sport utility vehicle (SUV) listrik ini memiliki kapasitas baterai dari 75,7 kWh hingga 98,8 kWh, yang mampu menghasilkan jarak tempuh mulai dari 375 Km hingga 483 Km untuk sekali pengisian.

Baca juga: Komunitas Skutik Ini Ajak Anak Yatim Piatu Nonton di Bioskop

Sementara itu, F-150 Lighting dibekali baterai 98 kWh untuk tipe Standar Range dan 131 kWh untuk tipe Extended Range, yang menghasilkan jarak tempuh mulai dari 386 Km hingga 482 Km.

Adapun untuk Ford Escape dibekali dengan mesin 2.0 L cc plug in hybrid yang mampu menghasilkan tenaga 183 kW atau 245 Tk dengan maksimal torsi 387 Nm. Mobil ini juga disokong baterai berkapasitas 14,4 kWh, di mana dalam kondisi baterai penuh bisa melaju 56 Km berdasarkan WLTP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com