Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Rombak Jajaran Top HRC, Direktur MotoGP Dimutasi

Kompas.com - 26/02/2024, 19:41 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

Sumber Crash

JAKARTA, KOMPAS.com - Prestasi Repsol Honda yang jeblok sejak 2020 membuat Honda berpikir keras. Merek asal Jepang itu melakukan penggantian personel di jajaran top managemen Honda Racing Corporation (HRC).

Tetsuhiro Kuwata, General Manager Race Operations Division HRC yang merupakan pengawas proyek MotoGP Honda sejak 2016 dimutasi ke divisi roda empat.

Baca juga: Produsen Mobil Jepang Belum Yakin dengan Mobil Listrik

Sebagai gantinya Kuwata akan digantikan Taichi Honda. Orang lama dari HRC yang sebelumnya menangani departemen off road di balapan reli Dakar.

Tetsuhiro KuwataFoto: Marca Tetsuhiro Kuwata
Dilansir dari Crash, Kuwata merupakan bos HRC terbaru yang meninggalkam proyek MotoGP. Kuwata keluar menyusul kepergian Direktur Teknis HRC Shinichi Kokubu dan Manajer Teknis Takeo Yokoyama.

Repsol Honda mengatakan bahwa kepergian Kuwata adalah 'bagian dari rotasi normal manajemen HRC'. Meski sebetulnya semua tahu bahwa dibalik itu pasti karena prestasi tim yang meredup.

Tahun 2023 Honda hanya meraih satu kemenangan dalam tiga tahun terakhir. Tahun itu pula Marc Marquez, pebalap tersukses Honda di era MotoGP modern memutuskan pindah ke Gresini Ducati.

Baca juga: Modifikasi BYD Atto 3, Lebih Kekar dan Padat

Motor balap baru Repsol Honda yang mejeng di IIMS 2024KOMPAS.com/ADITYO Motor balap baru Repsol Honda yang mejeng di IIMS 2024

Sekilas mengenai Kuwata bergabung dengan Honda Motor pada tahun 2000, dan akhirnya memegang posisi penting di HRC pada tahun 2011.

Kuwata dipromosikan menjadi General Manager Race Operations Division HRC untuk proyek MotoGP Honda setelah Shuhei Nakamoto pensiun pada 2016.

Tugas Kuwata yang paling krusial ialah mengawasi seluruh aktivitas balap HRC dari MotoGP hingga Dakar. Bisa dibilang Kuwata merupakan direktur MotoGP Honda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Crash
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com