Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Fokus Omoda E5, Chery Sebenarnya Belum Mau Luncurkan Tiggo 5 X

Kompas.com - 26/02/2024, 18:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Chery Sales Indonesia (CSI) sudah resmi membuka jalur pemesanan untuk Tiggo 5 X. Ternyata, Chery pada awalnya tidak berniat untuk meluncurkan sport utility vehicle (SUV) ini.

Tiggo 5 X tadinya direncanakan hanya dipajang pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, bukan untuk dijual. Mobil ini mulai dipajang pada hari kedua pameran otomotif tersebut digelar.

Baca juga: Chery Optimistis Mobil PHEV Bakal Diminati Konsumen

Bahkan, pengunjung yang penasaran juga bisa mencoba langsung unitnya di area test drive. Setelah beberapa hari pameran otomotif tersebut digelar, Chery akhirnya mengumumkan harga Tiggo 5 X, sekaligus membuka keran pemesanan atau pre-booking.

Tiggo 5 X dipamerkan di IIMS 2024Kompas.com/Donny Tiggo 5 X dipamerkan di IIMS 2024

Disebutkan bahwa SUV ini sudah dirakit secara lokal. Namun demikian, Chery mengakui bahwa pihaknya masih akan fokus pada mobil listrik Omoda E5. Jadi, produksi di pabrik akan mengutamakan SUV listrik tersebut.

"Tiggo kita tunda dulu produksinya, karena kita mau fokus di Omoda E5 dulu. Jadi, itu alasannya mengapa kita tidak memaksimalkan promosi dari Tiggo 5 X. Setelah itu, baru kita akan fokus pada Tiggo 5 X," ujar Rifkie Setiawan, Head of Brand Department PT CSI, kepada wartawan, saat ditemui di Jakarta, belum lama ini.

Baca juga: Chery Bawa Pulang Empat Penghargaan pada IIMS 2024

"Sebenarnya, kemarin pun kita belum meluncurkannya, yang kita umumkan adalah pre-booking, karena desakan dari konsumen. Ya, seperti biasa kan kita pasang Tiggo 8 Pro Max dan Tiggo 5 X, awalnya untuk mendapatkan respons," kata Rifkie.

Chery Tiggo 5 XKompas.com/Donny Chery Tiggo 5 X

Rifkie mengatakan, maksud Chery memajang Tiggo 5 X kebutuhan awalnya adalah untuk riset. Tapi, karena ada desakan yang banyak dari diler dan dari konsumen, akhirnya terpaksa Chery harus mengeluarkan harga.

"Jadi, bagi orang yang berkenan, dia sudah tahu harganya. Saat ini, pre-booking untuk Tiggo 5 X itu sudah sampai puluhan unit," ujarnya.

Tiggo 5 X sendiri dibanderol Rp 269 juta (OTR Jakarta) untuk varian Classic. Sedangkan varian Champion, dipasarkan dengan harga Rp 299 juta (OTR Jakarta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com