Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiggo 5 X Sudah Berstatus CKD, Chery Masih Tahan Penjualan

Kompas.com - 21/02/2024, 18:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Chery Sales Indonesia (CSI) melengkapi jajaran model SUV bermesin konvensional dengan menghadirkan Tiggo 5 X. SUV ringkas ini ternyata sudah dirakit secara lokal. Namun, sejauh ini Chery baru membuka jalur pemesanan.

Pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Chery resmi meluncurkan Tiggo 5 X dengan harga spesial. SUV ini dibanderol Rp 249 juta (OTR Jakarta) untuk varian Classic dan Rp 279 juta (OTR Jakarta) untuk varian Champion.

Baca juga: Chery Tiggo 5 X Meluncur di IIMS 2024, Harga Spesial mulai Rp 249 Juta

Namun, Chery masih belum mengungkapkan, sampai kapan pre-booking akan dibuka dan kapan unitnya akan dikirim ke konsumen.

Chery Tiggo 5 XKompas.com/Donny Chery Tiggo 5 X

Qu Jizong, Executive Vice President PT CSI, mengatakan, pihaknya sudah memproduksi Tiggo 5 X di Indonesia. Sekarang ini, Chery memperlihatkan opsi tersebut kepada konsumen.

"Sebenarnya, kami berharap konsumen masih fokus pada Omoda E5. Setelah melihat respons konsumen pada Omoda E5, pabrik juga saat ini sedang fokus untuk memproduksinya," ujar pria yang akrab disapa Frank tersebut, kepada Kompas.com, Selasa (20/2/2024).

Baca juga: Bocoran Spesifikasi Chery Tiggo 5 X di IIMS 2024

"Maka itu, Tiggo 5 X saat ini masih tahap pre-booking. Sebab, tergantung juga dengan kapasitas produksi di pabrik dan permintaan dari pasar. Kalau para konsumen banyak yang meminta Omoda E5, maka kami akan melakukan sedikit penyesuaian," kata Frank.

Chery Tiggo 5 XKompas.com/Donny Chery Tiggo 5 X

Frank mengatakan, berdasarkan permintaan konsumen, maka sekarang Chery fokus memproduksi Omoda E5. Sebelumnya, disebutkan bahwa sudah ada 1.300 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) hanya untuk Omoda E5, sejak pertama kali diperkenalkan ke publik.

"Kami berharap pasar bisa lebih mengenalnya, banyak yang melakukan test drive, dan lainnya. Tapi, kami juga tidak bisa menghentikan opsi (Tiggo 5 X) tersebut. Sebab, kami sudah terlanjur memproduksi beberapa Tiggo 5 X. Jadi, kami melakukan pemanasan dengan membuka pre-booking," ujarnya.

Kehadiran Tiggo 5 X akan menambah pilihan pada segmen SUV ringkas. Kelas ini diisi juga oleh Toyota Rush, Daihatsu Terios, Honda BR-V, Mitsubishi Xpander Cross, Suzuki XL7, MG ZS, dan Wuling Alvez.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com