Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Mobil Mewah Buatan Rusia Pemberian Putin untuk Kim Jong Un

Kompas.com - 22/02/2024, 16:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Reuters

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Rusia, Vladimir Putin menghadiahkan satu unit mobil mewah buatan Rusia, limosin Aurus Senat untuk Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un.

Dilansir Reuters pada Kamis (22/2/2024), pemberian mobil ini terjadi saat kedua negara memperkuat hubungan di berbagai bidang, seperti pariwisata hingga pertahanan.

Dikatakan pula bahwa keputusan Putin memberi limosin Aurus Senat ke Kim Jong Un setelah dirinya terpesona melihat mobil kepresidenan Russia pada September 2023 lalu.

Baca juga: Jangan Pindahkan Tuas Transmisi Matik ke P Sebelum Mobil Berhenti

Aurus SenatYouTube/LuxCars Aurus Senat

"Ketika pemimpin Korut melawat ke kosmodrom Vostochny, ia melihat mobil ini dan Putin menemani melihat mobil tersebut. Seperti orang kebanyakan, Kim menyukai mobil ini," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov dalam keterangan tersebut.

Kim Jong Un sendiri dikenal sebagai penyuka otomotif. Ia diketahui memiliki koleksi mobil mewah dari berbagai merek seperti, Mercedes Benz, Rolls-Royce Phantom dan Lexus.

Limosin Aurus Senat merupakan hasil produksi perusahaan otomotif Rusia NAMI dan dijual untuk umum. Tetapi yang digunakan Putin tentu saja dirancang khusus.

Rancangan tambahan tersebut mencakup lapisan bodi serta kaca antipeluru, fasilitas khusus kepresidenan pada bagian interior, hingga lapisan kebal peluru pada bagian ban.

Baca juga: Nissan Hadirkan Mobil Listrik Ariya dan Sakura di Indonesia

Aurus SenatYouTube/LuxCars Aurus Senat

Sehingga Aurus Senat yang digunakan Putin kerap dijuluki sebagai bunker. Menandakan kendaraan sudah sangat aman dan nyaman.

Memiliki dimensi panjang 6.840 mm, lebar 2.000 mm, dan tinggi 1.680 mm, mobil dibenamkan mesin 4.400 cc berkapasitas 8 silinder yang dikombinasikan dengan transmisi otomatis 9-percepatan.

Meski begitu, belum diketahui apakah Aurus yang dihadiahkan untuk Kim Jong Un juga memiliki fitur serta kekuatan seperti yang digunakan Putin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com