Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar SUV Lagi Naik Daun, Momen Pas buat Suzuki Jual Jimny 5 Pintu

Kompas.com - 18/02/2024, 12:02 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Segmen sport utility vehicle (SUV) ringkas semakin digemari masyarakat Indonesia. Terbukti dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sepanjang 2023 terjual 59.721 unit atau berhasil tumbuh 33 persen dari tahun sebelumnya yang mencapai 44.762 unit.

Momen itulah yang dimanfaatkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) untuk menjual Jimny 5 pintu di Indonesia. Terbukti dalam waktu dua bulan kurang penjualan SUV legendaris Suzuki itu sudah terpesan sebanyak 1.200 unit.

Harold Donnel, 4W Marketing Director PT SIS mengatakan, penerimaan Jimny 5 pintu ini sangat luar biasa, ternyata selain memang segmen SUV sedang tumbuh, banyak konsumen yang memiliki rasa loyal terhadap produk ini.

Baca juga: Mengulas Ubahan Suzuki Ertiga Hybrid Cruise

"Justru sekarang ini karakter konsumennya beragam, tidak lagi pehobi tapi juga keluarga muda karena bisa mengakomodir kebutuhan sehari-harinya dalam melakukan aktivitas," kata Harold kepada media di lantai pameran IIMS 2024, JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat belum lama ini.

Foto stok: Suzuki Grand VitaraKOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Foto stok: Suzuki Grand Vitara

Senada, Randy Murdoko, Asst to Dept. Head 4W Sales PT SIS mengatakan, jumlah SPK Jimny 5 pintu ini terus bertambah dan perusahaan tidak akan membatasi sampai berapa unit. Akan tetapi impor dari Suzuki India ke Indonesia dibatasi hanya sekitar 100 unit saja per bulan.

"Tapi tentunya kami akan terus berupaya agar impornya bisa lebih banyak lagi agar konsumen tidak harus menunggu lama," ujar Randy.

Menurut dia, bukan hanya Jimny 5 pintu saja tapi SUV jagoan Suzuki lainnya, yaitu Grand Vitara juga mendapatkan sambutan positif dari konsumen di Indonesia, khususnya di pameran IIMS 2024. Klaim dia penjualannya juga tidak kalah banyak, dan paling penting konsumen tidak harus menunggu lama untuk mendapatkan unit.

"Kalau penjualannya bagus, angkanya akan kita informasikan nanti karena sekarang masih dihitung. Tapi jujur semua penerimaan masyarakat terhadap produk Suzuki, khususnya segmen SUV ini sangat bagus," kata Randy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com