Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Airlangga Hartarto Sebut Tren Kendaraan Hidrogen Masih Lama

Kompas.com - 15/02/2024, 11:58 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto, mengatakan, kendaraan hidrogen atau fuel cell electric vehicle masih lama untuk bisa berkembang di Indonesia.

"Hidrogen itu masih lama karena kita mesti punya sumber energinya. Sumber energi harus hijau atau green," ujar Airlangga di pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (15/2/2024).

Baca juga: Janji BYD ke Jokowi, Semua Mobil Listrik Akan Diproduksi Lokal

Meski demikian Airlangga mengatakan, pemerintah berusaha terus membentuk ekosistem kendaraan hidrogen salah satunya dengan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air atau PLTA terbesar di Indonesia, dengan kapasitas listrik terpasang mencapai 9 ribu MW.

Hyundai Nexo, mobil listrik dengan bahan bakar hidrogenDok. Caranddriver.com Hyundai Nexo, mobil listrik dengan bahan bakar hidrogen

"Jadi salah satunya melalui PLTA (hydro power) yang sekarang di Kalimantan dua-duanya sedang dalam proses detail enggineering design dan juga amdal (analisis dampak lingkungan)," kata Airlangga.

Tanpa merinci lebih jauh, Airlangga pengembangan kendaraan hidrogen merupakan salah satu upaya menuju era netralitas karbon pada 2060 mendatang.

Di sisi lain langkah terkait terbukti dari kehadiran Stasiun Pengisian Hidrogen oleh pihak PT PLN dan terjalinnya kerja sama antara PT Pertamina dengan Toyota Indonesia untuk percepatan mobil hidrogen.

Meski demikian, adopsi kendaraan hidrogen untuk alat transportasi di RI, masih membutuhkan waktu. Sebab industri pendukung dan pemasoknya belum ada berbeda dengan mobil listrik yang mana penjualannya sudah baik di dunia.

Baca juga: Berkeliling IIMS 2024, Jokowi Sebut Mobil Listrik Merupakan Masa Depan

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto di IIMS 2024KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto di IIMS 2024

Kemudian dalam rentang waktu yang sudah direncanakan pemerintah dan lembaga atau badan, akan dilihat pula kesiapan para pemasok atau supply chain di dalam negeri untuk mendukung kendaraan hidrogen.

Saat ini mobil dengan bahan bakar hidrogen yang sudah dipasarkan di dunia saat ini hanya ada tidak model dari tiga pabrikan yang berbeda, yakni Toyota Mirai, Hyundai Nexo, dan Honda Clarity. Namun, Honda Clarity sudah disetop penjualannya dan menyisakan Mirai dan Nexo.

Soal harga saat ini, Mirai dipasarkan di Jepang, Amerika Serikat, Kanada, dan Eropa. Banderolnya mulai 49.500 dolar AS hingga 66.000 dolar AS, atau sekitar Rp 773 jutaan hingga Rp 1 miliaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com