Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasaki Ninja H2 Versi Touring Meluncur, Harga Setara Innova Zenix

Kompas.com - 07/02/2023, 08:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada Februari 2023, Kawasaki meluncurkan model baru Ninja H2 SX SE alias Ninja H2 versi touring. Motor ini diklaim lebih nyaman dipakai berboncengan tanpa melupakan performa khas moge kencang.

Dilansir dari laman resmi Kawasaki USA (6/2/2023), motor ini resmi meluncur pada 1 Februari 2023, yang kehadirannya bersamaan dengan Ninja ZX-4RR.

Kawasaki Ninja H2 SX SE dibangun berdasarkan basis motor sport fairing Ninja H2, yang dirancang ulang agar cocok buat perjalanan jauh.

Baca juga: Pabrik Esemka Punya Fasilitas Baru, Siap Produksi Mobil Listrik?

Kawasaki Ninja H2 SX SE model 2023Dok. Kawasaki Kawasaki Ninja H2 SX SE model 2023

Kalau di atas kertas, motor ini mengusung mesin 4 silinder segaris berkapasitas 998 cc dengan supercharger yang diatur ulang, sehingga lebih nyaman buat dikendarai dalam berbagai situasi.

Sementara kaki-kaki pakai suspensi Showa full elektronik (KECS) dengan model upside down di depan dan monosok di belakang.

Lalu, pengereman depan pakai kaliper Brembo Stylema radial 4 piston ganda, dan belakang pakai kaliper 2 piston.

Baca juga: Biar Tidak Kena Pungli, Ini Tarif Resmi Jasa Derek Mobil di Jalan Tol

Adapun lingkar roda pakai ukuran 17 inci, dibalut ban 120/70-190/55 dengan total bobot motor seberat 268 kg.

Melihat tampilannya, desain motor ini pun mengalami perubahan. Bentuk fairing Ninja H2 SX SE tampak lebih gambot baik itu di depan maupun belakang.

Tak heran karena kapasitas tangki pun berubah, menjadi 18,9 liter. Hasilnya, motor bisa menempuh jarak lebih jauh, serta bisa mengakomodasi kebutuhan penumpang dan tambahan side box saat dipakai berpergian.

Baca juga: Motor Listrik Terlaris Yadea Bernaung di Bawah Payung Indomobil

Layar instrumen Kawasaki Ninja H2 SX SE model 2023Dok. Kawasaki Layar instrumen Kawasaki Ninja H2 SX SE model 2023

Selain itu, Kawasaki turut memberikan beragam fitur elektronik canggih pada Ninja H2 SX SE. Di antaranya adalah sistem semi otonom bernama Advanced Rider Assist System (ARAS), berisi Adaptive Cruise Control (ACC), Forward Collision Warning (FCW) dan Blind Spot Detection (BSD).

Kemudian, terdapat juga Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Corner Management Function (KCMF), Traction Control (KTRC), Launch Control Mode (KLCM), dan Intelligent ABS (KIBS).

Tak ketinggalan Quick Shifter (KQS), Engine Brake Control (KEBC), Riding Mode dan Vehicle Hold Assist (VHA), pemanas handgrip, dan USB power outlet.

Baca juga: Belajar dari Kecelakaan Maut di Hunan China yang Libatkan 49 Kendaraan

Kawasaki Ninja H2 SX SE model 2023Dok. Kawasaki Kawasaki Ninja H2 SX SE model 2023

Semua fitur-fitur tersebut bisa dipantau lewat panel instrumen digital TFT 6,5 inci dengan sistem konektivitas smartphone Kawasaki SPIN.

Di Amerika Serikat, Ninja H2 SX SE hanya tersedia dalam pilihan warna kombinasi hitam hijau. Moge bergaya touring ini ditawarkan dengan harga 28.000 dolar AS atau setara Rp 422 jutaan.

Artinya, Ninja H2 SX SE memiliki harga setara Toyota All New Kijang Innova Zenix yang varian termurahnya dijual mulai harga Rp 419 juta (tipe Gasoline 2.0 G CVT).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com