Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengemudikan Mobil Lebih Baik Siang atau Malam Hari?

Kompas.com - 03/02/2024, 16:42 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Bulan Februari 2024 terdapat beberapa tanggal merah yang berpotensi dimanfaatkan berlibur oleh masyarakat. Menurut Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri, antara lain Isra Miraj 1445 Hijriah pada Kamis (8/2/2024) dan Tahun Baru Imlek 2572 Kongzili pada Sabtu (10/2/2024).

Selain itu, ada pula cuti bersama pada Jumat (9/2/2024). Ini belum termasuk perpanjangan masa liburan dengan mengambil cuti dua hari yakni Senin dan Selasa jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 pada Rabu (14/2/2024).

Pihak kepolisian juga terpantau bakal melakukan skema contra flow di beberapa ruas tol agar memperlancar lalu lintas pada masa liburan kali ini.

Baca juga: 6 Tips Liburan Saat Musim Hujan, Atur Rencana Perjalanan dengan Bijak

Berkendara di malam hariKOMPAS.com/ SELMA AULIA Berkendara di malam hari

Bagi Anda yang akan melakukan perjalanan ada baiknya mempersiapkan dengan baik termasuk menentukan akan melakukan perjalanan malam atau siang hari. Karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan perjalanan siang atau malam hari tentu memiliki kelebihan dan kekurangan, tapi bila melihat sisi keamanan sebaiknya perjalanan dilakukan di siang hari.

“Perlu disesuaikan dengan kemampuan pengemudi dan dilihat untung ruginya, idealnya ya jalan saat terang, karena lebih mudah minta pertolongan saat ada masalah di perjalanan,” ucap Sony kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: 2 Tips Nikmati Libur Panjang Februari 2024, Bisa Dapat Promo Traveloka

Kondisi arus balik liburan di Puncak Bogor, Jawa Barat, Selasa (26/12/2023).KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Kondisi arus balik liburan di Puncak Bogor, Jawa Barat, Selasa (26/12/2023).

Sony mengatakan kondisi jalan di siang hari lebih jelas, sehingga lebih aman untuk melakukan perjalanan.

“Secara visibilitas, terang memungkinkan dapat melihat banyak hal, sehingga perjalanan menjadi lebih aman, selain itu respons tubuh tubuh terhadap siang adalah waktu beraktifitas, jadi akan menjadi lebih siap bagi pengemudi,” ucap Sony.

Sedangkan malam sebaliknya, kondisi jalan gelap, aktivitas masyarakat sepi sehingga rawan terjadi tindak kriminal.

“Bila terjadi masalah di perjalanan malam hari, kita akan kesulitan minta pertolongan, karena kondisi jalan cenderung lebih sepi, dan perlu diwaspadai malam hari cenderung lebih banyak tindak kejahatan,” ucap Sony.

Baca juga: Jadwal Contraflow Saat Libur Panjang Pekan Depan


Dia mengatakan perjalanan di malam hari memang lebih nyaman karena tidak panas, jalanan sepi, dan sebagainya tapi sebaiknya perlu dipikirkan lagi.

“Lebih memanjakan mata karena tidak kena sinar matahari, paling mata perih karena menerima sorotan lampu dari kendaraan di depan, cabin lebih nyaman karena tidak panas, jalanan lebih sepi juga, tapi sebaiknya dipikirkan ulang jika ingin jalan di malam hari,” ucap Sony.

Jadi, meski kondisi jalan cenderung lebih lenggang, dan tidak panas ketika malam hari, perjalanan mudik sebaiknya dilakukan di siang hari yang lebih aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com