Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda dan Yamaha Perpanjang Masa Garansi Rangka Skutik, Suzuki Aman

Kompas.com - 02/02/2024, 18:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Tahun lalu dunia roda dua Indonesia dikejutkan dengan fenomena rusaknya sasis skutik. Sejumlah motor dari merek Honda maupun Yamaha diketahui mengalami kerusakan rangka bagian tengah yang berkarat dan patah.

Insiden ini umumnya ditemukan pada skutik Honda yang mengusung rangka eSAF (Enhanched Smart Architecture Frame), seperti Genio, Beat, Scoopy, dan Vario 160. Tapi pernah juga ditemukan pada Yamaha Mio dan sejenisnya.

PT Astra Honda Motor (AHM) pun langsung mengambil sikap dengan menambah masa garansi rangka motor keluaran baru, dari semula 1 tahun jadi 5 tahun, tanpa batasan jarak tempuh (kilometer).

Baca juga: Masa Depan Mobil Hybrid Terancam BEV, Harga Sudah Kalah Murah

AHM tambah masa garansi rangka motor Honda menjadi 5 tahunKOMPAS.com/DIO DANANJAYA AHM tambah masa garansi rangka motor Honda menjadi 5 tahun

Masa tambahan garansi ini diberlakukan buat sepeda motor baru Honda yang diterima konsumen mulai 25 Oktober 2023.

Periode baru masa garansi ini juga berlaku untuk semua model motor yang dipasarkan AHM, dari skutik, cub, sport, motor listrik, hingga big bike.

Senada dengan Honda, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) juga lebih dulu mengumumkan perpanjangan masa garansi rangka atau frame.

Baca juga: Rasa Berkendara Mobil Listrik BYD Atto 3 Jakarta-Bandung

Dari sebelumnya 1 tahun atau 12.000 km, menjadi 5 tahun atau 50.000 km, dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Perpanjangan masa garansi ini berlaku untuk pembelian semua sepeda motor Yamaha jenis Matic per tanggal 1 Oktober 2023 hingga seterusnya.

Menanggapi perpanjangan masa garansi rangka yang dilakukan beberapa pabrikan Jepang pada model skutik, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) rupanya tidak memiliki rencana tersebut.

Baca juga: Motor Listrik Yadea Diskon Rp 9 Juta pada Februari 2024

Rangka motor Yamaha Kompas.com/Fathan Rangka motor Yamaha

Yohei Shinozaki, Marketing Director Division Head Sales & Marketing 2 Wheels PT SIS, mengatakan, pihaknya belum pernah menemukan skutik Suzuki yang mengalami masalah rangka.

“Kami tidak ada (perpanjangan garansi), karena barang kami tidak ada masalah. (Garansi) sekarang mesin 1 tahun, elektronik 2 tahun, sasis kalau tidak salah 3 tahun,” ujar Shinozaki, saat ditemui di sela-sela acara Test Ride Burgman Street 125EX di Cikarang (29/1/2024).

“Tapi tidak perpanjang (garansi), karena pipanya cukup tebal, belum pernah dengar masalah yang rusak. Kalau tidak salah (rangka Suzuki) paling tebal,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com