Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulas Perbedaan All New Honda Stylo 160 CBS dan ABS

Kompas.com - 03/02/2024, 09:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - All New Honda Stylo 160 akhirnya resmi meluncur di Indonesia. Skutik baru Honda dengan gaya klasik ini terdiri dari dua model, CBS yang dibanderol Rp 27.550.000 dan ABS yang harganya Rp 30.425.000.

Pada tulisan kali ini, redaksi akan membahas perbedaan dari kedua varian tersebut. Kalau diperhatikan, sebenarnya bukan cuma dari tampilannya saja yang berbeda, tapi juga fitur.

Misal dari warna dulu, buat ABS ada Royal Green, Royal Matte Black, dan Royal Matte White. Sedangkan yang CBS, warnanya juga ada tiga, yakni Glam Red, Glam Black, dan Glam Beige.

Baca juga: Perbandingan Fitur Honda Stylo 160 Vs Yamaha Grand Filano


Buat yang ABS, bodinya clean tanpa ada ornamen stiker, paling emblem Stylo saja yang timbul. Kalau di CBS, ada stiker di bagian bodi samping dan tulisan Stylo yang juga stiker, bukan timbul.

Pada versi ABS kelihatan juga dari pilihan warna matte ada perbedaan di jok, hand grip, serta dek motor yang berwarna coklat. Sedangkan buat versi CBS, hitam saja, seperti motor pada umumnya.

Kemudian buat ABS, ada ornamen pemanis dengan warna silver seperti di bagian speedometer. Jadi buat yang CBS, bagian tadi hitam saja warnanya.

Baca juga: Jangan Kaget jika Pintu Belakang Mobil Tidak Bisa Dibuka dari Dalam

Perbedaan lain yang paling signifikan ada pada bagian pengereman. Buat yang ABS sudah dapat cakram belakang, sedangkan yang CBS rem belakang pakai tromol.

Lalu, sesuai namanya juga, ABS dilengkapi dengan Ani-Lock Braking System, atau sistem yang mencegah roda depan mengunci saat mengerem dengan keras. Sedangkan CBS merupakan singkatan dari Combi Brake System, pengereman yang mengombinasi rem depan dan belakang bersamaan.

Sisanya, tidak ada perbedaan antara varian ABS dan CBS. Misal mesinnya masih sama, 157cc eSP+ yang menghasilkan tenaga 15,1 TK dan torsi 13,8 Nm. 

Fitur seperti semua lampu LED, speedometer LCD, sampai USB Port masih tersedia di kedua varian. Jadi dengan selisih harga Rp 3 jutaan, mau pilih yang ABS atau CBS?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com