Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segini Suhu Ideal Kerja Mesin Mobil

Kompas.com - 02/02/2024, 17:31 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin mobil merupakan salah satu komponen penting yang menjadi sumber tenaga sehingga kendaraan bisa melaju. Hal ini membuat pemiliknya perlu menjaga performa mesin agar tetap terjaga.

Salah satu cara untuk menjaga performa mesin adalah dengan memperhatikan suhu kerja mesin agar tetap ideal.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, suhu kerja mesin ideal sekitar 80 derajat celcius.

Baca juga: Setelah Burgman Street 125EX, Suzuki Siapkan Motor Sport Model Baru

Indikator Suhu MesinKompas.com Indikator Suhu Mesin

“Sekitar 82 derajat serta tidak terpengaruh dengan suhu udara luar. Setiap pabrikan mungkin berbeda (suhunya), tapi kebanyakan atau rata-rata segitu,” ucap Didi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Perlu diketahui, ketika menjaga suhu ideal mesin ada beberapa komponen mulai dari radiator, kipas radiator, coolant, thermostat, water pump, sensor suhu air radiator dan lain sebagainya.

Ketika mesin dalam keadaan dingin, salah satu komponen yaitu thermostat akan bekerja secara maksimal. Saat itu mode sistem pendingin tidak mendinginkan, melainkan mendorong agar suhu ideal mesin cepat tercapai.

Baca juga: Cerita Puluhan BYD e6 dan T3 Jadi Taksi Listrik di Indonesia

“Selain itu thermostat juga berfungsi mempertahankan temperature agar suhu tetap dalam batas, juga untuk membuka saluran pada mesin yang akan menuju radiator,” ucap Didi.

Dapat dikatakan fungsi thermostat mirip dengan pintu air, dia akan membuka dan menutup sesuai kebutuhan mesin. Komponen ini akan menutup ketika suhu kerja mesin di bawah ideal sehingga air radiator tidak mengalir.

Bahkan, komponen ini juga akan membuka ketika suhu kerja mulai melebihi batas idealnya, sehingga air radiator bisa mengalir dan segera didinginkan oleh radiator.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com