Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Xpander HEV Punya 7 Mode Berkendara

Kompas.com - 01/02/2024, 17:16 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mitsubishi Motors Corporation (MMC) resmi meluncurkan dua model Hybrid Electric Vehicle (HEV), yakni Xpander HEV dan Xpander Cross HEV. Mobil hybrid ini dibekali dengan tujuh mode berkendara.

Xpander HEV mengandalkan mesin baru 1.6 L yang dikembangkan untuk menghasilkan tenaga yang tinggi. Selain itu, efisiensi bahan bakarnya juga meningkat dengan adanya teknologi hybrid.

 Baca juga: Bahas Teknologi Hybrid pada Mitsubishi Xpander HEV

Untuk menjaga pengendalian dan performa mobil tetap optimal, disematkanlah mode berkendara pada Multi Purpose Vehicle (MPV) ini. Tersedia tujuh mode, yakni EV Priority, Charge, Normal, Tarmac, Gravel, Mud, dan Wet.

sistem hybrid Mitsubishi Xpander HEVYouTube Mitsubishi Motors Thailand sistem hybrid Mitsubishi Xpander HEV

Masahiro Ito, Executive Officer, DGM of Product Strategy Division Mitsubishi Motors Corporation (MMC), mengatakan, pengemudi bisa secara aktif memilih dan menikmati mode berkendara EV

"Mode EV Priority, mengaktifkan mode EV ketika pengendara menginginkannya. Mode Charge, sistem akan mengecas baterai sebagai persiapan jika mode EV ingin digunakan," ujar Ito, saat peluncuran Xpander HEV dan Xpander Cross HEV, di Thailand, Kamis (1/2/2024).

Baca juga: Mitsubishi Xpander Hybrid dan Xpander Cross Hybrid Pakai Mesin Baru

"Sebagai contoh, bila Anda ingin berkendara di taman nasional tanpa mengeluarkan emisi atau di area perumahan pada pagi hari, Anda bisa memilih mode EV Priority untuk melakukannya," kata Ito.

Mode berkendara pada Mitsubishi Xpander HEV dan Xpander Cross HEVDok. Mitsubishi Motors Mode berkendara pada Mitsubishi Xpander HEV dan Xpander Cross HEV

Ito menambahkan, Mitsubishi menawarkan beragam mode berkendara yang menawarkan performa berkendara yang optimal pada segala permukaan dan kondisi jalan.

"Tujuh mode berkendara kami terdiri dari EV Priority, Charge, dan lima mode berkendara lainnya, berkat teknologi All Wheel Control (S-AWC) yang unik. Pengendara bisa dengan bebas memilih mode Normal, Wet, Gravel, Tarmac, dan Mud," ujarnya.

Xpander Cross HEVYouTube Mitsubishi Motors Thailand Xpander Cross HEV

Ito menjelaskan, mode Normal adalah mode paling seimbang untuk berkendara harian. Mode Tarmac, untuk kepuasan pengendalian pada jalan yang berangin. Mode Gravel, mencegah selip untuk menjaga keselamatan berkendara pada permukaan jalan yang tidak diaspal.

"Mode Mud, memberikan pengendalian yang bertenaga pada jalanan berlumpur. Mode Wet, mencegah ban mengalami selip dan menawarkan stabilitas yang tinggi pada kondisi hujan deras," ujar Ito.

Xpander HEVYouTube Mitsubishi Motors Thailand Xpander HEV

"Kami mengembangkan mode berkendara ini agar sesuai dengan kondisi cuaca, jalan, dan lalu lintas di Thailand. Mode berkendara ini disesuaikan juga dengan situasi dan kondisi yang beragam, mulai dari berkendara harian hingga berkendara jarak jauh, dan kegiatan outdoor," kata Ito.

Mode berkendara yang serupa sebelumnya diperkenalkan pada SUV terbaru Mitsubishi, yakni XForce.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com