Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Ini Bikin Mitsubishi Xpander Punya Standar Euro 4

Kompas.com - 30/01/2024, 16:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Mitsubishi Xpander merupakan salah satu mobil keluarga terlaris di Indonesia. Model ini juga terus mendapatkan penyegaran sejak mengaspal pada 2017.

Informasi terbaru, sebentar lagi Mitsubishi juga akan meluncurkan varian Xpander hybrid di Thailand. Negara tersebut menjadi tempat paling strategis karena pemerintahnya memberikan insentif khusus mobil hybrid.

“Harga Xpander Hybrid di Thailand bisa lebih murah, karena adanya insentif di negara tersebut. Harga retailnya bisa sama dengan mobil mesin bensin,” ucap Hiroshi Nagaoka, Executive Vice President MMC, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Simak Harga Xpander Bekas Jelang Peluncuran Varian Hybrid

Test drive Mitsubishi XpanderKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Test drive Mitsubishi Xpander

Terlepas dari itu, Xpander sebenarnya sudah dibekali mesin berstandar Euro 4 yang ramah lingkungan. Mitsubishi telah menambahkan fitur baru berupa Exhaust Gas Recirculation (EGR) yang berfungsi mengurangi emisi gas buang serta menambah efisiensi bahan bakar.

Guntur Harling, General Manager Product Strategy Division PT MMKSI, mengatakan Xpander memiliki emisi gas buang lebih baik berkat fitur yang ditambahkan.

"Untuk menghasilkan emisi yang baik tentunya, walaupun kami menggunakan basis mesin yang sama. Tapi, ada sistem yang digunakan, yaitu EGR sehingga bisa memberikan efisiensi yang maksimal dan tingkat emisi yang baik," ujar Guntur, dalam konferensi pers (16/11/2021).

Baca juga: Menanti Kehadiran Xpander Hybrid di Indonesia


Menurutnya, fitur ini pula yang membuat Xpander lolos standar emisi Euro 4. Hal ini sejalan dengan keinginan pemerintah dalam menekan emisi gas buang.

Sebab, komponen tersebut, berfungsi untuk mengembalikan sebagian gas sisa pembakaran ke intake manifold. Sehingga, sisa BBM yang tidak terbakar sempurna diharapkan bisa dibakar kembali.

Maka dari itu, bahan bakar yang digunakan Xpander harus bisa mendukung tujuan tersebut yakni dengan memakai BBM berkualitas serta oktan minimal 90 atau lebih tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com