Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekian Estimasi Biaya Duplikat Kunci Immobilizer Xpander

Kompas.com - 31/01/2024, 12:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SLEMAN, KOMPAS.com - Mitsubishi Xpander sudah dibekali sistem anti maling cukup canggih dengan dua jenis teknologi pada varian berbeda, yakni keyless pada varian Ultimate dan entry key untuk Exceed.

Meski berbeda bentuk, kedua kunci sudah mengusung teknologi immobilizer sehingga akan membatasi akses pencuri dalam melancarkan aksinya.

Seperti yang diketahui teknologi immobilizer dapat memutus sinyal pengapian pada mesin dengan pencocokan kode pada suatu cip. Artinya, bila kunci yang digunakan tidak sesuai maka mesin tidak akan hidup meski mobil bisa distarter secara paksa.

Baca juga: Fitur Ini Bikin Mitsubishi Xpander Punya Standar Euro 4

Ilustrasi suasana kabin Mitsubishi Xpander UltimateKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi suasana kabin Mitsubishi Xpander Ultimate

Lantas, berapa biaya duplikasi remote atau kunci Xpander bila dibutuhkan?

Yusuf, Pemilik Maestro Kunci Yogyakarta mengatakan duplikasi kunci atau remote biasanya dilakukan ketika jumlahnya tinggal satu, dengan demikian dapat mengurangi risiko bila mengalami remote hilang.

“Risikonya mobil yang sudah dilengkapi immobilizer kan tidak bisa hidup tanpa kunci atau remote yang sesuai, sehingga bila tidak ada cadangannya bisa mempersulit diri sendiri, mobilitas bisa terganggu bila sampai hilang” ucap Yusuf kepada Kompas.com, Selasa (30/1/2024).

Yusuf mengatakan Xpander menjadi salah satu mobil yang sudah dilengkapi immobilizer baik yang tipe keyless dan masih pakai anak kunci.

Baca juga: Jenis BBM yang Direkomendasikan untuk Mitsubishi Xpander

Test drive Mitsubishi XpanderKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Test drive Mitsubishi Xpander

“Sistem keduanya hampir sama, bila sistem tidak membaca anak kunci yang satu frekuensi maka saat kunci diputar tidak akan membuat mesin hidup, sedangkan untuk tipe keyless sinyal tersebut dipancarkan,” ucap Yusuf.

Sehingga, bila remote tidak terdeteksi di area mobil atau sekitarnya maka mesin tidak akan bisa hidup saat proses start.

Maka dari itu, remote atau kunci yang hilang sebaiknya segera diduplikasi agar tersedia kunci cadangannya. Dengan demikian mobilitas tidak akan terganggu.

Baca juga: Mitsubishi Xpander Hybrid Bakal Pakai Teknologi e-Power Nissan?


“Untuk Xpander biaya duplikasinya mulai Rp 950.000 tipe Exceed pakai anak kunci, dan tipe Ultimate Rp 1.500.000 sudah keyless, sedangkan untuk pembuatan baru misal tidak ada contoh remote atau kuncinya beda lagi,” ucap Yusuf.

Ada biaya tambahan untuk pembuatan kunci atau remote baru sekitar Rp 350.000 sampai Rp 500.000 karena pengerjaannya membutuhkan pembongkaran dan pemeriksaan langsung.

“Biaya tersebut termasuk biaya kunjungan, pemeriksaan dan pembongkaran untuk area yang masih menjadi cakupan kami, boleh konsultasi terlebih dulu untuk melakukan pemesanan, sehingga biayanya lebih terukur,” ucap Yusuf.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com